Soal Ini, Fadli Zon Dukung Pemerintah

Ragam54 Dilihat

Jakarta, Liputan.co.id – Wakil Ketua DPR RI DR Fadli Zon mengecam penutupan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh tentara Israel terhadap jamaah masjid Al-Aqsa hingga tewasnya tiga warga Palestina dan ratusan korban lainnya.

“Tindakan Israel itu merupakan bentuk pelanggaran terhadap Resolusi Dewan Keamanan PBB yang tidak dapat ditoleransi. Masjid Al-Aqsa dan The Dome of the Rock harus dipertahankan sebagai tempat suci yang terbuka untuk diakses oleh semua umat Muslim,” kata Fadli, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Senin (24/7/2017).

Penutupan dan pembatasan sepihak masjid Al-Aqsa oleh otoritas Israel menurut Fadli, jelas menyalahi kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya. Selain ujarnya, pembatasan itu juga melanggar hak asasi umat Muslim untuk bebas melakukan ibadah.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, tindakan itu sangat provokatif yang ingin memperkeruh keadaan saja. Israel harusnya tidak mengubah status quo kompleks Al-Aqsa.

“Saya mendukung sikap Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Indonesia yang melakukan kecaman terhadap tindakan Isarel tersebut. Sikap itu sudah tepat, mengingat kekerasan dan pembatasan yang dilakukan Isarel terhadap Muslim Palestina tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun,” tegasnya.

Oleh karena itu, Fadli berharap pemerintah Indonesia juga menggunakan pengaruhnya dalam forum-forum internasional untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. “Suara Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar, memiliki nilai penting dan strategis bagi agenda kemerdekaan Palestina,” pungkasnya. (zul)