Korut Balik Ditekan, Jet “Bomber” AS Siap Serang Pyongyang

Internasional2 Dilihat

Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) makin menjadi-jadi.

Setelah Korut menyebut Donald Trump cuma “omong kosong” dan mengancam menembakkan rudal jarak menengah ke pangkalan militer AS di Guam, jet “bomber” AS bergerak cepat merespons dengan membidik Pyongyang sebagai sasaran.

Angkatan udara AS telah menerbitkan foto dua pesawat pembom B-1B yang ambil bagian dalam misi 10 jam bersama jet dari Korea Selatan dan Jepang. Dua jet “bomber” AS ini lepas landas dari pangkalan udara Pasifik.

Pesawat pembom tersebut terbang di sekitar Kyushu, Jepang, Laut Cina Timur, dan semenanjung Korea. Ini menunjukkan solidaritas sekutu AS saat mereka bersiap melawan tindakan provokatif Korut di Pasifik.

Seorang pilot dalam siaran pers angkatan udara AS mengatakan, “Bagaimana kita berlatih adalah bagaimana kita bertarung dan semakin kita berinteraksi dengan sekutu kita, semakin siap kita untuk melawan malam ini.”

Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump, telah mengancam akan melepaskan “api dan kemarahan yang belum pernah ada sebelumnya” di Korea Utara.

Korut membalas dengan mengatakan bahwa pihaknya dalam rencana menyerang pulau Guam di Pasifik, sebuah wilayah yang menjadi pangkalan udara AS. Korut sesumbar akan menyelimuti wilayah itu dengan api. (fjr)