Panglima TNI: Jiwa Raga TNI Untuk Ini

Ragam59 Dilihat

Jakarta, Liputan.co.id – Jiwa raga Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) diabadikan untuk tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjaga keutuhan, kedaulatan dan serta keselamatan bangsa Indonesia.

Untuk menjaga tegak kokohnya NKRI, maka Prajurit TNI menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, harus taat kepada hukum, disiplin, profesionalisme dan menempatkan kepentingan rakyat di atas kepentingan apa pun.

“Kebersamaan TNI berjuang dengan rakyat merupakan sejarah yang tidak boleh dilupakan, oleh karena itu Prajurit TNI harus menjaga kepercayaan rakyat sebagai ibu kandung TNI,” kata Gatot dihadapan 1.300 Prajurit TNI (AD, AL dan AU) se-wilayah Kota Makassar, di Hangar Skadron Udara II Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (16/10/2017).

Institusi TNI sekarang lanjutnya, memiliki kepercayaan paling tinggi di mata rakyat, sehingga akan banyak yang mencoba untuk mengadu domba TNI dengan masyarakat atau pun dengan institusi lain melalui pembentukan opini yang menyudutkan.

“Kepercayaan rakyat kepada TNI itu terakumulasi dari pengabdian yang dilakukan oleh Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara yang telah melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab,” ungkap Panglima TNI.

Terkait HUT ke-72 TNI tahun 2017, Gatot menegaskan bahwa animo masyarakat begitu besar untuk menyaksikan upacara puncak Peringatan HUT ke-72 TNI yang digelar di Cilegon, yang mengusung tema Bersama Rakyat TNI Kuat, dimeriahkan dengan demo latihan tempur gabungan tiga matra.

“Kita patut bersyukur, semua demonstrasi pertempuran latihan gabungan TNI berjalan dengan lancar, aman dan tanpa ada satu pun kecelakaan atau zero accident,” ucapnya.

Pada acara itu juga ditampilkan sosiodrama perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman agar Prajurit TNI dan seluruh masyarakat dapat mengambil hikmah dari nilai-nilai perjuangan yang mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. “Sejarah merupakan peristiwa yang tidak boleh kita lupakan,” imbuhnya.

Komentar