Berpidato di Forum APEC, Donald Trump Puji Indonesia

Internasional61 Dilihat

HANOI – Presiden Amerika Serikat Donald Trump, memuji Indonesia saat berpidato dalam forum APEC di Da Nang, Vietnam, Jumat (10/11/2017).

Dalam pidatonya Trump menyebut Indonesia selama berpuluh-puluh tahun dapat bangkit dan merupakan perubahan yang luar biasa.

“Indonesia selama berdekade-dekade telah membangun institusi domestik dan demokratis untuk mengelola wilayah luas yang terdiri dari 13.000 pulau,” kata Trump, seperti ditulis BBC.

Menurutnya Indonesia telah berhasil bangkit dari kemiskinan sehingga menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di G-20.

“Saat ini, Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia,” imbuhnya.

Tak hanya Indonesia, Trump juga melontarkan pujiannya terhadap Vietnam yang berhasil meningkatkan kesejahteraan.

Selain melontarkan sejumlah pujian, Trump menyampaikan pesannya terkait pelanggaran tata perdangan dunia yang diklaim sebagai Cina.

Dia juga menyatakan kesiapan AS untuk bekerja sama dengan negara APEC , asal mematuhi perdagangan yang adil secara timbal balik.

“AS tidak akan lagi ‘dimanfaatkan’ dalam perdagangan,” katanya.

Trump telah menarik AS dari keanggotaan Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), sebuah kesepakatan dagang dengan 12 negara anggota APEC, dengan alasan TPP akan melukai kepentingan ekonomi AS. (fjr)

Komentar