Rakyat Zimbabwe Bersuka Cita Sambut Pengunduran Diri Presiden

Internasional2 Dilihat

Pengunduran diri Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, disambut suka cita rakyat yang langsung turun ke jalan untuk merayakannya.

Dalam pernyataan resmi, Mugabe mengatakan, “Saya Robert Gabriel Mugabe dengan ini secara resmi mengajukan pengunduran diri saya sebagai Presiden Zimbabwe. Keputusan saya untuk mengundurkan diri sukarela dari saya dan muncul dari kepedulian saya terhadap kesejahteraan rakyat Zimbabwe dan keinginan saya untuk melakukan alih kekuasaan yang mulus dan tanpa kekerasan.”

Belum ada pengumuman mengenai siapa yang akan menggantikannya. Namun pemimpin veteran perang Zimbabwe, Chris Mutsvangwa, mengatakan, awal pekan ini bahwa Mugabe akan digantikan oleh Emmerson Mnangagwa, wakil yang dipecatnya awal bulan ini. Dia diperkirakan akan mengambil alih dalam waktu 48 jam.

Tak hanya warga Zimbabwe yang merayakan pengunduran diri sang presiden di Harare yang sebelumnya diancam impeachmen, pemimpin dunia juga memberi apresiasi.

Perdana Menteri Inggris, Theresa May mengatakan, pengunduran diri Mugabe memberi kesempatan negara itu membentuk jalan baru yang bebas dari penindasan yang mencirikan pemerintahannya. “Inggris, sebagai teman tertua Zimbabwe, akan melakukan semua yang bisa untuk mendukung Zimbabwe,” kata May. (Metro/fjr)

Komentar