LANAL Cirebon Turunkan Tim Siaga Banjir Untuk Membantu Evakuasi Korban Banjir

Kilas Cirebon76 Dilihat

CIREBON – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon yang merupakan salah satu Pangkalan dibawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) dengan Komandan Letkol Mar Yustinus Rudiman, M.Tr. Hanla., M.Tr (Han) dalam hal ini Lanal Cirebon menurunkan satu tim siaga Banjir untuk membantu warga masyarakat yang terkena dampak banjir. Tim Siaga Banjir Lanal Cirebon diberangkatkan dengan menggunakan Truk Lanal Cirebon dan dilengkapi satu buah sekoci karet dalam rangka perbantuan proses evakuasi korban banjir di Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Terjadinya bencana banjir disebabkan oleh intensitas curah hujan yang sangat tinggi sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Condong di Desa Wanakaya dan jebolnya tanggul Sungai Bondet, serta air yang berasal dari sawah Desa Wanakaya tidak dapat mengalir dengan lancar. Tim Siaga banjir Lanal Cirebon yang terdiri dari 14 personel antara lain : Peltu Erit Setiyawan, Peltu Saerun, Pelda Jupri, Sertu Dadang, Serda Agus, Sertu Denurih (driver), Sertu Wawan Irawan, Kopka Tatang, Kopka Fatah, Koptu Arjaya, Koptu Al amin, Serma Yusup, Serda Edi, Sertu Gandi

Musibah banjir kali ini mengakibatkan terendamnya beberapa Desa di wilayah Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon antara lain : Desa Wanakaya, Desa Gunung jati, Desa Buyut, Desa Cangkring, Desa Grogol, Desa Klayan Perumahan Vila Intan, Desa Mertasinga. Akibat banjir tersebut sekitar LK : 1000 rumah terendam dengan ketinggian air mencapai 100-150 cm, sehingga mengakibatkan jalan utama Cirebon – Indramayu tidak dapat dilalui kendaraan dengan lancar, situasi lalu lintas saat ini padat merayap. Penduduk yang rumahnya terendam banjir untuk sementara dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi, salah satunya di Masjid Al Raudah Desa Wanakaya, sejumlah LK : 1000 orang warga, dan ditemukan seorang nenek berusia 90 tahun dalam kondisi sakit langsung dievakuasi menuju RST. Ciremai Kota Cirebon.

Kerugian yang dapat diperkirakan sementara akibat banjir tersebut, Ratusan rumah terendam banjir, 1 (satu) unit Sekolah MI Wanakaya terendam banjir, Puluhan kendaraan, mobil dan motor terendam air, tidak ada korban jiwa pada banjir kali ini. Tim yang diturunkan untuk Perbantuan Evakuasi terdiri dari : Lanal Cirebon, Koramil Gunung Jati dipimpin Danramil Kapten suminto, Kapolsek Gunung jati dengan menggunakan perahu Kano, Basarnas Winong Kabupaten. Cirebon dipimpin Bp. Andri K, Dit Polairud Polda Jabar, Dinsos Kabupaten. Cirebon, LSM Peduli Lingkungan Suranenggala dibantu Masyarakat.
Proses evakuasi sampai dengan saat ini masih berlangsung. Debit air berangsur angsur sudah mulai surut LK : 20 cm. Selama kegiatan berlangsung aman dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanal Cirebon Letkol Mar Yustinus R M.Tr Hanla.,M.Tr (Han) menyampaikan bahwa Lanal Cirebon selama musim penghujan ini selalu menyiagakan tim siaga banjir beserta perahu karet yang siaga 24 jam dan dapat digerakkan sewaktu-waktu apabila dibutuhkan untuk membantu dan mengevakuasi masyarakat Kota maupun Kabupaten Cirebon yang terkena banjir.

Komentar