Banyak Keramba, Anthon Sihombing: Turis Asing Mikir Ke Danau Toba

Simalungun – Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI DR Capt Anthon Sihombing mengatakan pariwisata Danau Toba sudah mulai mengalami peningkatan. Hal itu terjadi karena adanya pembangunan jalan dan bandara untuk memudahkan para turis berwisata ke danau terbesar di Asia Tenggara ini.

Hal itu diungkap Anthon di acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Program Kerja DPR RI bersama Koordinatoriat Wartawan DPR RI dan enam Pemerintah Kabupaten sekitar Danau Toba, di Parapat, Kabupaten Simalungun – Sumatera Utara, Jumat (05/4/2019), dengan tema “Keindahan Panorama Danau Toba Sebagai Milik Masyarakat Dunia, dan Kesiapan Masyarakat untuk Menerima Danau Toba Sebagai Daerah Pariwisata, untuk Pembangunan Infrastruktur Menghadapi Tahun 2025”.

“Sektor pariwisata Danau Toba sudah mulai mengalami peningkatan sedikit-sedikit, dikarenakan sudah banyaknya pembangunan infrastruktur seperti jalan tol dan Bandara Udara Silangit yang memudahkan aksesnya,” ujar Anthon.

Diketahui, Danau Toba merupakan salah satu dari 10 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang digencarkan oleh pemerintah agar menjadi “Bali Baru”.

Di sisi lain lanjut politikus Partai Golkar itu, ada faktor yang menyebabkan Danau Toba ditinggalkan oleh pengunjung, terutama dari luar negeri antara lain karena banyaknya keramba di sekitar danau. “Banyak turis yang mikir jika ingin ke Danau Toba karena banyak keramba. Berbeda dengan dahulu, banyak yang menetap lama sampai dua bulan dan bermain ski di sekitar danau, padahal dulu infrastrukturnya belum sebagus sekarang,” imbuh Anthon.

Untuk itu, Anthon berharap pemerintah pusat agar terus meningkatkan dan memperbaiki infrastruktur di sekitar Danau Toba, agar sektor pariwisatanya kembali maju di Indonesia maupun dunia. “Saya mengharapkan siapapun pemerintahnya agar terus meningkatkan dan memperbaiki infrastruktur di sekitar Danau Toba agar pariwisatanya menjadi favorit di Indonesia maupun dunia,” pinta Anggota Komisi V DPR RI itu.

Menurut dia, proyek Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan kontrak tahun jamak sudah mulai dikerjakan. Begitu pula dengan pembersihan atau pemeliharaan Danau Toba dari enceng gondok. Kendala lainnya adalah anggaran yang minim terhadap pemerintahan kabupaten sekitar Danau Toba.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Sekretaris Daerah Pemkab Simalungun Gideon Purba, Sekda Pemkab Samosir Zabiat Sagala, Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir Audi Murphy Sitorus, Kepala Dinas Kominfo Toba Samosir Lalo Hartono Simanjuntak, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Humbang Hasundutan Nelson Lumbantoruan, Staf Ahli Bupati Dairi Charles Bancin, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Karo Johnson Tarigan, dan Rektor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar Sanggam Siahaan.

Bersama Anthon juga hadir Anggota Komisi V DPR RI Jhoni Allen Marbun (F-Demokrat/ Sumatera Utara II), Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Inspektur Utama DPR RI Setyanta Nugraha, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Setjen dan Badan Keahlian DPR RI Y.O.I Tahapari, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Setjen dan BK DPR RI Muhammad Djazuli, jajaran Kesetjenan dan BK DPR RI, serta puluhan wartawan baik cetak, elektronik, dan daring yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan DPR RI.

The post Banyak Keramba, Anthon Sihombing: Turis Asing Mikir Ke Danau Toba appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar