Kontes Batu Mulia di Cirebon Pemecah Rekor

Kilas Cirebon4 Dilihat

Kilas Cirebon.com – Kontes batu mulia tingkat nasional di Cirebon yang diselenggarakan sejak tanggal 4 – 7 April 2019 di lingkungan Keraton Kasepuhan Cirebon, ternyata memecahkan rekor dari sisi jumlah peserta maupun batu mulia yang diperlombakan, termasuk batu khusus lainnya seperti pirus maupun batu katilayu dan pandan.

Hal tersebut terungkap saat pengumuman pemenang dan evaluasi terpadu antara penyelenggara, juri serta tim panitia pelaksana dalam kontes batu mulia tingkat nasional tahun 2019 tersebut.

Berdasarkan catatan yang ada, Total kuota 3801 batu yang diperlombakan dalam kontes di Cirebon ini, terdiri dari batu kategori Nasional sebanyak 2958 jenis batu, kemudian jenis Pirus sebanyak 729 batu yang diperlombakan dan jenis kalimaya 196 batu. Dimana pesertanya diikuti dari berbagai daerah se Indonesia.

” Ini diluar dari perkiraan kami selaku penyelenggara, bahwa ternyata pesertanya datang dari berbagai propinsi di Indonesia serta batu yang diperlombakan lebih dari yang ditargetkan yaitu 2000 batu,” ujar Aris Krismawanto selaku Ketua Umum Penyelenggara.

Padahal lanjut Aris kepada kilasCirebon.com pihaknya tidak melakukan ekspose publik tetapi hanya memberitahukan melalui beberapa komunitas Perbatuan saja. Tetapi kenyataannya hadir para owner, kolektor dan pecinta Perbatuan baik “pemain” nasional maupun perorangan lokal. Sehingga membuat kontes Batu Mulia tingkat Nasional yang dibuka oleh Sultan Sepuh XIV Cirebon, PRA Arief Natadiningrat SE ini menjadi kontes yang pesertanya terbanyak dalam dekade beberapa tahun ini. (Arya)

Komentar