Mau Mendapatkan Total Permodalan Rp. 20 Miliar? Ayo Daftar Deureuham 2019

Ragam48 Dilihat

Jakarta – Entrepeneur kreatif (ekrafpreneur) dan pengusaha rintisan (startup) berbasis syariah berkesempatan mendapatkan total permodalan Rp. 20 Miliar dengan mengikuti Deureuham 2019: Islamic Creative Economy Competition. Deureuham merupakan sinergi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah untuk meningkatkan perkembangan ekrafpreneur dan startup berbasis syariah dalam memenuhi kebutuhan halal life style yang berkembang di dunia.

Bekraf dan BNI Syariah mengajak ekrafpreneur dan startup berbasis syariah untuk mendaftar Deureuham secara online pada https://deureuham.com/ yang berakhir pada 3 Juli 2019. Peserta Deureuham bukan hanya berpeluang mendapatkan permodalan perbankan syariah, tetapi juga modal usaha serta peningkatan kapasitas usaha.

Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Pesik menuturkan bahwa Bekraf sebagai badan yang mendorong ekonomi di sektor industri kreatif. “Deureuham mendorong pelaku ekonomi kreatif berbasis syariah mendapatkan pembiayaan perbankan syariah. Jadi, tujuan besar untuk memberi akses permodalan melalui perbankan syariah,” kata Ricky saat peluncuran Deureuham di BNI Syariah Lantai 7, Tempo Pavilion.

Ricky menjelaskan bahwa pemenang dan finalis Deureuham mampu membawa nama baik Indonesia di dunia internasional. Selain berpeluang mengikuti International Creative Economy Competiton di Dubai tahun 2019, mereka juga berkesempatan menjadi wakil Indonesia di World Conference on Creative Economy 2020 di Dubai yang digagas Indonesia 2018 lalu di Bali.

Senada dengan Ricky, Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan, “Kolaborasi (Bekraf dan BNI Syariah) untuk ekonomi kreatif yang lebih baik. Inovasi kami dibantu oleh mentor untuk berinovasi. Kami punya program link and matchuntuk para generasi millennial lebih siap dalam memajukan arus baru berbasis syariah.”

Firman menekankan inovasi, optimisme, dan terus berjuang sebagai tiga hal prinsip pelaku ekonomi kreatif. Kolaborasi turut berperan dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Sekretaris Utama Bekraf, Restog K. Kusuma menambahkan Deureuham menghadirkan pelaku ekonomi kreatif yang sukses di bidangnya sebagai mentor untuk memberikan tips dan trik menjadi pengusaha sukses. “Di event lalu, para mentor juga membuka jaringan para finalis yang akan berkompetisi. Jadi bukan hanya kompetisi, tapi juga mentoring yang berharga. Selain hadiah, BNI Syariah juga punya skema pembiayaan yang lebih mudah dengan total Rp. 20 Miliar,” ucap Restog.

Perwakilan mentor yang menghadiri peluncuran dari kategori kuliner yaitu owner Ayam Bakar Mas Mono, Agus Pramono, dan owner Radja Cendol, Danu Sofwan meneruskan pentingnya inovasi, kreativitas, dan tindakan untuk kemajuan usaha.

Kategori kompetisi Deureuham 2019 yaitu jasa kreasi digital, teknologi, kuliner, serta kriya dan desain produk. Kriteria ekrafpreneurdan startup berbasis syariah Deureuham 2019 yaitu usaha kreatif dan inovatif, berbasis syariah, mempunyai social impact, sertascalable.

Bekraf dan BNI Syariah mengawali Deureuham 2019 dengan roadshow untuk sosialisasi acara ke enam kota, yaitu Bandung (Selasa, 30 April 2019), Padang (Sabtu, 4 Mei 2019), Aceh (Sabtu, 11 Mei 2019), Banjarmasin (Selasa, 14 Mei 2019), Makassar (Sabtu, 18 Mei 2019) dan Yogyakarta (kamis, 23 Mei 2019).

Kurator menentukan 32 finalis untuk berkompetisi dari tiap daerah tersebut. Empat ekrafpreneur maupun startup berbasis syariah dari tiap regional dipilih untuk mengikuti bootcamp nasional. Juara 1 per kategori mendapatkan hadiah modal usaha Rp. 30 juta dan Rp. 20 juta untuk juara 2 per kategori. (bekraf)

The post Mau Mendapatkan Total Permodalan Rp. 20 Miliar? Ayo Daftar Deureuham 2019 appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar