Serapan Tenaga Kerja Lebihi Target, Hanif: Mestinya Menaker Boleh Liburan

Ragam81 Dilihat

Kota Bekasi – Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mengatakan target lima tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yaitu 10 juta lowongan kerja. Kenyataannya menurut Hanif, pada masa jabatan empat tahun ini, pemerintahan Jokowi telah membuka 10.540.000 lebih lowongan kerja.

“Artinya, dari data tersebut kongrit bahwa dalam empat tahun target membuka lowongan kerja sudah terlampaui. Karena sudah melebihi target, mestinya Menaker sudah boleh liburan,” kata Hanif, di sela-sela membuka Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Nasional XIX Tahun 2019, di Harris Convention Hall Summarecon, Kota Bekasi – Jawa Barat, Kamis (4/4/2019).

Capaian tersebut lanjutnya, berdampak positif terhadap pengurangan kemiskinan secara signifikan menjadi 9,6 persen. “Angka 9,6 persen ini adalah angka kemiskinan terendah sepanjang Republik ini ada,” tegas Hanif.

Demikian juga dengan angka pengangguran dari 6,18 persen menjadi 5,3 persen. “Job Fair ini adalah memudahkan akses pencari kerja dan pengguna tenaga kerja bertemu secara langsung,” tegasnya.

Di acara yang sama, Direktur Jenderal Binapenta & PKK Kemnaker Maruli Apul Hasoloan menambahkan, kegiatan ini adalah arahan langsung dari Menaker M Hanif Dhakiri.

“Pak Hanif selalu mengarahkan fasilitasi pencari kerja dan pengguna tenaga kerja secara maksimal, maka digelarlah Job Fair Nasional XIX Tahun 2019, di Kota Bekasi,” ungkapnya.

Dia tambahkan, job fair sela dua hari ini menyediakan 11.362 lowongan kerja meliputi 768 jabatan dengan 130 perusahaan dari berbagai sektor seperti manukfaktur, retail, mining, trading, human resources, otomotif, food & beverages serta Start Up.

“Hari pertama tercatat 4 ribu mencari kerja yang datang. Besok (Jumat 5 April 2019, red) diprediksi sampai 10 ribu pencari kerja. Sesuai arahan Pak Menteri, maka semua saluran dimanfaatkan untuk job fair ini. Mendaftar secara online bisa, datang langsung juga bisa. Target utama penyerapan tenaga kerja,” kata Maruli.

Terakhir dia katakan, job fair ini juga bisa digunakan sebagai tempat konsultasi atau membuka usaha-usaha tertentu. “Artinya, yang datang ini bukan cuma para pencari kerja, tetapi juga para usahawan yang ingin berkolaborasi di antara yang sudah punya usaha,” pungkasnya.

The post Serapan Tenaga Kerja Lebihi Target, Hanif: Mestinya Menaker Boleh Liburan appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar