Sesjen Tegaskan Kemnaker Konsisten Genjot Pembangunan SDM Ketenagakerjaan

Nasional51 Dilihat

Makassar – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus fokus dan konsisten menggenjot pelatihan vokasi secara massif. Konsistensi tersebut menurut Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemnaker Khairul Anwar didasari atas arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menjadikan tahun 2019 sebagai tahun prioritas pembagunan sumber daya manusia.

“Setelah ada arahan Presiden Jokowi tentang tahun 2019 memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia, Kemnaker semakin massif melakukan pelatihan vokasi, lebih digenjot lagi,” kata Sesjen Kemnaker dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Biro Humas Kemnaker Soes Hindharno saat membuka acara Press Tour dengan tema “Sinergi Pers dan Pemerintah dalam Pembangunan SDM Indonesia”, di Kota Makassar – Sulawesi Selatan, Rabu (10/4/2019).

Soes Hindharno mengatakan, konsistensi keseriusan Kemnaker dalam pelatihan diperlihatkan dengan terus melakukan beberapa terobosan, yakni massifikasi pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), pemagangan terstruktur dan sertifikasi uji kompetensi.

Soes menambahkan massifikasi pelatihan lainnya di BLK sebagai upaya peningkatan daya saing manusia Indonesia yakni memberikan triple skilling: skilling, up-skilling dan re-skilling. Skilling untuk angkatan kerja yang ingin mendapatkan skill. Up-skilling untuk pekerja yang ingin meningkatkan skill, re-skilling untuk pekerja yang ingin mendapatkan keterampilan baru.

“Triple skilling tersebut untuk memastikan agar daya saing tenaga kerja lebih baik dan sesuai dengan perubahan di pasar kerja,” katanya.

Dia tegaskan, untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, pemerintah juga membangun BLK Komunitas. Tahun 2017 dengan 50 BLK Komunitas, dan meningkat setahun berikutnya menjadi 75 BLK Komunitas. “Tahun 2019 naik menjadi 1.000 BLK Komunitas berbasis pesantren,” ungkapnya.

Memasuki industri 4.0 dan teknologi digital lanjutnya, persaingan bisnis dan pembangunan yang semula banyak bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam, bergeser pada persaingan pada penguasaan teknologi informasi dan kompetensi angkatan kerja yang membutuhkan SDM berkualitas.

“Saya yakin bahwa SDM Indonesia tidak kalah, bila dibandingkan dengan negara lain, maka kita harus bersemangat meningkatkan potensi diri,” ujarnya.

Kondusif
Di acara yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Kadisnakertrans) Sulawesi Selatan Agustinus Appang menyambut positif situasi ketenagakerjaan di wilayahnya berjalan kondusif selama tiga tahun terakhir. Dewan Pengupahan yang terdiri dari unsur Apindo, SP/SB, pemerintah dan akademisi, meskipun berbeda pandangan tetap happy.

“Saya senang perkembangan serikat pekerja di Sulawesi Selatan tiga tahun terakhir ini. Tiga tahun terakhir ada kepuasan tersendiri menghadapi secara langsung dengan buruh/pekerja,” kata Appang.

Appang mengatakan dari hasil pantauannya, dalam berbagai diskusi di dewan pengupahan dan tripartit berjalan kondusif. “Satu minggu terakhir ini tidak ada persoalan atau riak-riak kecil persoalan serikat pekerja atau demo buruh di kabupaten/kota Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Sedangkan Pelaksana Tugas Kepala BLK Makassar As’adyah dalam paparannya mengungkapkan target BLK Makassar untuk menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun 2019 sebanyak 1.317 paket dengan 21.072 orang dan target sertifikasi sekitar 15.632 orang termasuk BLK Bantaeng sebanyak 90 paket.

“BLK Makassar target 225 paket dengan 3600 orang. Sedangkan UPTD BLK Binaan 774 paket/12.834,” ungkap As’adyah.

Sebelum dialog interaktif, rombongan wartawan Kemnaker menyempatkan kunjungan ke BLK Makassar. Didampingi Plt. Kepala BLK Makassar Asadiah, 40 lebih awak media melakukan peninjauan ke workshop kejuruan otomotif, las, manufaktur perkakas, manufaktur CNS, listrik dan konstruksi.

The post Sesjen Tegaskan Kemnaker Konsisten Genjot Pembangunan SDM Ketenagakerjaan appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar