DPR Apresiasi Layanan Haji 1440H

Ragam50 Dilihat

Makkah – Tim Pengawas Haji, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) yang diketuai oleh Ali Taher meninjau 4 (empat) layanan yang diperoleh jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, Ahad (04/08).

Keempat layanan tersebut adalah layanan akomodasi, transportasi, kesehatan dan katering.

Ketua tim pengawas, Ali Taher mengatakan bahwa tim pengawas DPR hadir di tanah suci untuk memastikan kenyamanan, keamanan dan juga rasa kepuasan jemaah haji Indonesia.

Nantinya, hasil pengawasan ini akan dikeluarkan dalam bentuk rekomendasi untuk evaluasi penyelenggaraan ibadah haji di masa mendatang.

“Karena kita sadar betul manajemen penyelengaraan ibadah haji ada tiga tahap : persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi,” ujarnya.

Tim pengawas haji DPR dibagi menjadi 4 (empat) tim, untuk tim kesehatan diketuai oleh Ali Taher, tim transportasi diketuai oleh Fahri Hamzah, Ace Hasan Syadzily sebagai ketua tim akomodasi dan tim katering diketuai Marwan Dasopang.

Sebagai ketua tim pengawas kesehatan, Ali Taher berkesempatan berkunjung ke KKHI dan menyapa para jemaah haji yang tengah terbaring sakit.

Ali bersyukur bahwa pelayanan kesehatan untuk jemaah haji luar biasa. Dia mengatakan, KKHI memiliki sumber daya manusia yang sangat profesional yang dihimpun dari berbagai rumah sakit di Indonesia.

“Jemaah juga mendapatkan informasi yang cukup dan senang dengan adanya pelayanan di klinik ini. Ketersediaan obat juga hampir tidak ada masalah, lebih dari cukup untuk berbagai jenis penyakit,” kata Ali.

Jemaah haji tidak perlu khawatir jika harus dirujuk ke rumah sakit Makkah, karena seluruh pembiayaan ditanggung oleh Arab Saudi.

Ali juga mengimbau jemaah haji menjaga kesehatannya jelang puncak ibadah haji. Tidak hanya jemaah, kata Ali, petugas haji juga harus menjaga pola makan dan istirahat agar bisa maksimal melayani jemaah haji Indonesia.

Sementara Marwan Dasopang, anggota DPR RI dari fraksi PKB mengaku puas dengan pemeriksaan ke katering untuk jemaah haji. Dia mengatakan, cita rasa Indonesia telah diwujudkan dengan bumbu dan cara memasak menu tanah air.

“Kalau bumbu dan bahan rasa Indonesia tapi tidak diolah orang Indonesia, masih tidak cocok. Kita berikan penghargaan atas kepercayaan bagi orang Indonesia untuk bekerja, ada 20-an orang,” kata Dasopang.

Sementara Ace Hasan Syadzily, ketua tim pengawas akomodasi, juga tidak menerima keluhan dari jemaah haji terkait akomodasi yang diberikan. Dia memastikan apakah akomodasi sekelas minimal bintang 3, sekamar maksimal 5, ber-AC, dan toiletnya baik.

“Alhamdulillah jika jemaah haji dari Jawa Barat sudah mengaku layanan lebih baik, tentu itu yang kami harapkan,” kata Ace.

Sedangkan anggota tim pengawas transportasi Bambang Haryo Soekartono saat berada di atas bus shalawat usai cek kelengkapan bus mengatakan, “Kualitas layanan transportasi lebih bagus. Transformasi Kemenag sangat bagus. Ini berkat komisi delapan juga”. (kemenag)

The post DPR Apresiasi Layanan Haji 1440H appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar