Fadli Zon: Pemicu Kerusuhan Manokwari Sangat Sensitif

Ragam2 Dilihat

Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta pemerintah cepat dan tepat menangani kerusuhan di Manokwari Provinsi Papua Barat. Menurutnya, ketepatan penanganan sangat penting, sehingga tidak memunculkan persoalan baru.

“Kita berharap ini ada penanganan yang cepat dan tepat. Pertama, isu ini sangat sensitif, jangan sampai kita terlambat untuk menangani ini,” kata Fadli, merespon kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Fadli mengingatkan penanganan kerusuhan Manokwari tidak boleh gegabah. Penegakan hukum harus menjadi perhatian agar memberikan rasa keadilan bagi semua pihak. “Jangan sampai ada pihak yang merasa diperlakukan tidak adil. Sementara isu-isu simpang siur yang bisa memprovokasi, sebaiknya dihentikan dulu,” sarannya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra menjelaskan, ada sejumlah kasus separatisme yang harus diselesaikan dengan pendekatan yang bijaksana. Menurutnya, ikatan atau kesatuan bangsa terjalin karena adanya ikatan nasib dan cita-cita yang sama. Karenanya, sangat berbahaya bila kemudian timbul rasa ketidakadilan ekonomi maupun sosial di tatanan masyarakat.

“Tentu ada suatu hal tindak-tindakan yang menyangkut masalah separatisme itu harus didekati, di-approach dengan bijaksana, karena ini sangat membahayakan kalau kita mendiamkan atau justru memberikan pendekatan yang salah,” pungkas Fadli.

Diketahui, kerusuhan berawal dari aksi protes warga atas dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua Barat di sejumlah daerah di Jawa Timur. Sebagai bentuk protes, massa memblokade jalan hingga membakar Gedung DPRD Papua Barat.

The post Fadli Zon: Pemicu Kerusuhan Manokwari Sangat Sensitif appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar