Fungsi “Dipreteli”, Bagaimana Bulog Mau Bekerja?

Ragam44 Dilihat

Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Rahmad Handoyo menyayangkan hasil keputusan Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Menteri yang memutuskan bahwa Badan Urusan Logistik atau Bulog tidak lagi memasok bantuan sosial (bansos) beras sejahtera (rastra) per akhir Agustus 2019 nanti.

“Tugas pokok dan fungsi Bulog kan ada dua, menjaga stabilitas harga dan menjaga stock, tatkala kedua fungsinya itu ‘dipreteli’, bagaimana Bulog mau bekerja, siapa lagi yang akan menarik atau menyerap panen raya petani kalau Bulog tidak diberi peran terkait program-program pemerintah. Beras yang dibeli dari petani itu mau dibawa kemana?,” kata Rahmad, sebelum memasuki ruang Sidang Paripurna DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Dia jelaskan, Bulog tidak sebatas komersil. Bulog itu ujarnya, menjaga stabilitas harga dan menjaga stock. Jangan dibawa kemana-mana. Ketika bulog sudah bisa menjaga stock, maka harga pangan akan relatif terkendali. “Namun, Ketika itu sudah diberikan ke Bulog, kemudian ditarik lagi, saya benar-benar menyayangkan hal itu. Tolong dicermati lagi, kembalikan lagi Bulog untuk mengelola bahan-bahan pangan nasional,” pinta Rahmad.

Bahkan lanjut Rahmad, kalau perlu Penyaluran Bantuan Pangan nonTunai (BPNT) diganti lagi dengan program-program pemerintah seperti sebelumnya. Seperti beras untuk PNS, TNI, Polri melalui Bulog, Rastra melalui Bulog, BPNT melalui Bulog. Jika selama ini dikatakan, beras Bulog bermasalah dan tidak bermutu ujar dia, ya harus diperbaiki dan disempurnakan kualitasnya.

Namun politikus PDI Perjuangan ini mengegaskan bahwa sejauh ini beras Bulog saat ini kualitasnya jauh lebih baik dari yang sebelumnya.

“Jangan memerintahan Bulog ketika powernya sudah tidak ada, seperti memberikan senjata tapi tidak ada pelurunya. Mereka disuruh menyerap gabah, ketika sudah dilakukan, tidak tahu akan dibuat apa gabah itu. Saya berharap ini dicarikan solusi, pasti ada jalan. Kami juga di Komisi IV tidak pernah lelah menyuarakan ini. Istilahnya jangan sampai rumahnya dibakar, hanya karena ada tikus didalamnya,” pungkas Rahmad.

The post Fungsi “Dipreteli”, Bagaimana Bulog Mau Bekerja? appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar