Ketua Komisi I DPR Apresiasi Langkah Cepat Kemenlu Amankan WNI Di Hongkong

Ragam68 Dilihat

Jakarta – Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi langkah Kemenlu RI khususnya Konsulat Jenderal RI di Hong Kong yang dikabarkan berhasil mengevakuasi 47 orang WNI di bandara Hongkong yang sempat diduduki demonstran, Senin (12/8/2019).

“Langkah cepat, sistematis dan taktis harus terus dilakukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan WNI yang berada di Hongkong, apalagi dalam waktu seperti sekarang ini, di mana demonstran mulai menyasar fasilitas publik berskala Internasional. Untuk itu Konjen RI di Hongkong sudah tepat mengambil langkah seperti evakuasi yang dilakukan terhadap WNI yang berada di bandara” kata Kharis, lewat rilisnya, (11/8/2019).

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ( (PKS) ini menekankan agar keamanan dan keselamatan semua WNI menjadi tanggung jawab negara. Oleh karena itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) agar terus memastikan bahwa Pekerja Migran Indonesia (PMI/TKI) untuk tidak turut dalam aksi demonstrasi di HongKong yang bisa membahayakan keselamatan mereka.

“Kita punya sikap politik bebas aktif dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, oleh karena itu saya menghimbau dan juga tentu pemerintah Indonesia meminta agar WNI para pekerja Indonesia yang berada di Hongkong tetap mematuhi hukum di sana dan jangan terlibat dalam setiap aksi demonstrasi di negara lain,” pinta Kharis.

Belajar dari krisis politik di berbagai negara, Kharis meminta agar Kemenlu menyiapkan segala opsi untuk menangani dan membantu WNI di Hongkong.

“Situasi di Hongkong kalau semakin tidak terkendali saya kira pemerintah harus menyiapkan semua opsi seperti mengevakuasi semua WNI keluar dari Hongkong jika diperlukan, namun selama WNI di Hongkong menjauhi tempat para demonstran saya kira keamanan mereka masih dalam perlindungan keamanan di sana,” pungkas Kharis.

The post Ketua Komisi I DPR Apresiasi Langkah Cepat Kemenlu Amankan WNI Di Hongkong appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar