MAN 2 Jakarta Juara II Creative Design International Youth Robot Competitive Korsel

Ragam50 Dilihat

Jakarta – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jakarta mengukir prestasi internasional. Tampil pada ajang 2019 International Youth Robot Competitive (IYRC) di Daejeon Convention Center (DCC) Korea Selatan, tiga siswa MAN 2 Jakarta meraih juara dua untuk kategori Creative Design. Selain itu, tim MAN 2 Jakarta juga meraih juara tiga Humanoid Dancing.

“Alhamdulillah, siswa MAN 2 Jakarta meraih juara dua kategori Creative Design dan juara tiga Humanoid Dancing pada 2019 International Youth Robot Competitive (IYRC) di Daejeon Convention Center (DCC) Korea Selatan yang diselenggarakan 2 – 3 Agustus,” terang Nurlaelah, Kepala MAN 2 Jakarta yang baru saja mengakhiri masa jabatannya pada 31 Juli 2019, di Jakarta, Sabtu (03/08). Nurlela berkesempatan untuk ikut mendampingi para siswanya berlaga di negeri Gingseng tersebut.

Tim Creative Design adalah Candra Nur Pamungkas (12 IPA 1), Naufal Mu’afi (12 IPA 3), Imam Pamuji (11 IPA 2). Sedang tim Humanoid Dancing adalah Naufal Muafi dan Imam Pamuji.

Menurut Nurlaelah, Creative Design MAN 2 Jakarta mengambil judul: Sorting Trash System. Pengembangan sistem ini mencakup mekanisme pengolahan sampah, penyiram kebun otomatis, termasuk membuat kapal pembersih danau. Terkait sampah misalnya, sistem ini bekerja mengelola sisa buangan barang manusia yang masih bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi kompos, dan alat kegunaan sehari-hari, seperti tas Tote Back, dan lainnya. Sistem ini juga bekerja sebagai alat pemilah sampah organik dan anorganik.

“MAN 2 Jakarta mempersiapkan creative design ini selama 2 bulan. Dalam prosesnya, kami juga dibantu latihan psikologis oleh Doktor Psikologi Rudi Dwi Maryanto yang merupakan ketua Forum Komunikasi Komite Sekolah dan Madrasah Nasional,” tutur Nurlaelah.

IYRC 2019 diikuti 1.248 peserta dari 21 Negara. Selain Indonesia, peserta lainnya antara lain berasal dari Palestina, Columbia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Thailand, Israel, China, Korea, India, Myanmar, dan Brazil. IYRC merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Youth Robot. Ada lima cabang yang dilombakan, yaitu: Dancing, Save the Forest, Sumo Push Push, Humanoid Mission, dan Creative Design

Nurlaelah menambahkan, Robotik merupakan salah satu kegiatan unggulan di MAN 2 Jakarta. Para siswa sudah sering terlibar di berbagai ajang lomba, nasional maupun internasional, dan sudah meraih beberapa penghargaan. Tahun 2018 misalnya, siswa MAN 2 Jakarta meraih juara satu Humanoid Robot Mission pada IYRC di Thailand.

“Saat ini delegasi masih di Korsel dan dijadwalkan akan kembali ke tanah air dapa senin malam,” tandasnya.(kemenag)

The post MAN 2 Jakarta Juara II Creative Design International Youth Robot Competitive Korsel appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar