550 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Madrasah Tingkat Nasional 2019

Ragam50 Dilihat

Jakarta – Sebanyak 550 siswa dari 34 provinsi di Indonesia akan beradu pintar di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019. Event yang akan digelar selama satu minggu ini merupakan ajang paling bergengsi bagi siswa madrasah di Indonesia. KSM menjadi agenda resmi Kementerian Agama yang rutin digelar setiap tahun.

Di ajang KSM, madrasah-madrasah, baik negeri maupun swasta, ditambah dari sekolah umum dalam berbagai tingkatan, saling unjuk kemampuan dalam bidang sians dan teknologi. KSM Nasional adalah Kompetisi sains tertinggi dan paling diminati siswa madrasah di Indoensia. KSM digelar berjenjang, dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. KSM Nasional 2019 berlangsung di IAIN Manado, Sulawesi Utara, 16-21 September 2019

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin, mengungkapkan, KSM didesain untuk menancapkan budaya sains di kalangan madrasah.

“Kami memiliki program Madrasah Hebat Bermartabat, salah satu aksinya adalah kompetisi madrasah dalam bidang sains,” katanya dalam konferensi pers di kantor Kemenag Pusat Jalan Lapangan Banteng Jakarta, Jumat (13/09).

Dengan pengelolaan yang profesional, ditambah dukungan pemerintah yang memadai, saat ini madrasah sudah tidak lagi terbenam dalam stigma sekolahan kelas dua. Olimpiade sains (KSM) ini bukan debut satu-satunya anak madrasah dalam kancah kompetisi sains. Di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) siswa madrasah juga sudah banyak merebut penghargaan bergengsi, meskipun berhadapan langsung dengan sekolah-sekolah umum ternama.

Kontingen yang hadir di Manado terdiri dari tiga tingkatan, yaitu : Madrasah Ibtidaiyah (MI/SD), Madrasah Tsanawiyah (MTS/SLTP), dan Madrasah Aliyah (MA/SLTA) yang sudah menjalani seleksi ketat dari tingkat kabupaten dan provinsi. Dengan demikian maka persaingan akan sangat berat.

Berbagai cabang yang dipertandingkan adalah Matematika Teritegrasi, Sains IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi, serta Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi Terintegrasi.

Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar mengatakan, ajang ini diarahkan untuk mengembangkan potensi madrasah dalam bidang saintek. “Kompetisi yang fair dan obyektif dapat menyemai bibit unggul dan menumbuhkan suasana persaingan yang dinamis,” katanya.

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini harus direspon oleh madrasah agar terintegrasi sains dan Islam secara harmonis. “Acara semacam ini pada akhirnya akan menghasilkan output siswa pintar berahlakul karimah yang berguna untuk bangsa ke depan,” imbuhnya.

Selain kompetisi sains, akan digelar pula Madrasah Young Researcher Camp, yang mempresentasikan dan menggelar pameran hasil riset dalam bidang sains, sosial dan ilmu Keagamaan anak madrasah se Indonesia. Sebanyak 1.018 proposal telah diterima, 54 judul penelitian terpilih akan mengikuti expo madrasah riset. Penemuan mereka yang beragam dan berbagai bidang merupakan embrio sebuah karya besar yang diharapkan dapat mengubah peradaban dunia. (kemenag)

The post 550 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Madrasah Tingkat Nasional 2019 appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar