Indonesia dan Selandia Baru Buka Peluang Kerja Sama Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja

Ragam49 Dilihat

Jakarta – Indonesia dan Selandia Baru terus berupaya memperkuat kerja sama bilateral bidang ketenagakerjaan. Kedua negara tengah berupaya membuka peluang investasi SDM serta penempatan tenaga kerja Indonesia ke Selandia Baru.

Hal tersebut disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri saat menerima courtesy call Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Jonathan Austin, di Kantor Kemnaker, Jakarta, Selasa (24/9/2014).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Hanif menyambut baik minat Selandia Baru untuk investasi SDM di Indonesia.

“Tentu hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Indonesia, yang fokus pada pembangunan Sumber Daya Manusia,” kata Hanif.

Selama ini lanjutnta, Selandia Baru memiliki banyak peluang pendidikan bagi pelajar Indonesia ke Selandia Baru. Setidaknya, tiap tahun Selandia Baru menyediakan 200-an peluang beasiswa bagi pelajar Indonesia ke Selandia Baru.

Ia berharap, Selandia Baru membuka peluang pendidikan tersebut bagi instruktur BLK, guna up grading kemampuan dan kapasistas instruktur BLK.

“Kita butuh upgrade instruktur-instruktur BLK Kita. Karena kita membutuhkannya untuk menghadapi digital ekonomi dan sebagainya,” ujar Menaker.

Selain investasi SDM, pertemuan tersebut ungkap Hanif, juga membahas peluang penempatan tenaga kerja Indonesia ke Selandia Baru. Adapun, profesi yang ditawarkan Selandia Baru adalah chef, barista, dan pemotong daging halal.

“Untuk chef dan barista, Dubes Jonathan Austin menilai kemampuan chef dan barista dalam meracik makanan dan minuman Indonesia cukup diminati di Selandia Baru,” ujar Hanif.

Menaker pun berharap, Selandia Baru segera mengirim tim teknis guna membahas tindak lanjut peluang kerja sama tersebut. “Sehingga nantinya untuk penempatan dan visa pekerja tidak dipersulit,” ujarnya.

The post Indonesia dan Selandia Baru Buka Peluang Kerja Sama Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar