Saatnya Presiden Angkat Kapolri yang Layak Pimpin Polri di Era Demokrasi

Ragam44 Dilihat

Jakarta – Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr Laode Ida sangat menyesalkan perilaku aparat kepolisian yang bertindak brutal terhadap demonstrasi mahasiswa di Kota Kendari di depan Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang berlangsung pada Selasa, 24 September 2019 lalu.

Akibat aparat kepolisian bertindak brutal ujar Laode, mengakibatkan korban jiwa mahasiswa. “Mahasiswa yang meninggal itu dipastikan terkena timah panas yang keluar dari moncong senapan sang oknum polisi,” kata Laode, lewat rilisnya, Kamis (26/9/2019).

Peristiwa seperti itu menurut komisioner Ombudsman RI ini, bukan pertama kali terjadi di Sultra. “Sudah juga pernah terjadi dalam peristiwa demo 21 dan 22 Juni lalu. Sejumlah nyawa raib akibat terkena peluru tajam,” ungkapnya.

Tetapi sangat disayangkan lanjutnya, pihak polisi seperti merasa tak berdosa, tak bersalah. Sehingga kelakuan seperti 21 dan 22 Juni lalu kembali diulang dalam demo mahasiswa yang masif di sejumlah penjuru tanah air. Maka di Kendari pun ada korbannya, satu mahasiswa tertembak mati.

“Saya beranggapan hal ini tak lepas dari tiadanya sanksi signifikan terhadap pimpinan instansi pelaku; Pimpinan Polri. Oleh karena itu saya berharap bersikap tegas beri sanksi pada Pimpinan Polri yang terus saja merasa nyaman terhadap korban jiwa manusia akibat tindakan brutal aparatnya,” kata Laode.

Menurut Laode, Presiden sudah saatnya memberi sanksi terhadap Pimpinan Polri berupa, pertama, copot Kapolri dan Waka Polri. Kedua, copot Kapolda Sultra dan Kapolda-kapolda lain yang tindakannya dalam menghadapi aksi demo begitu brutal tak manusiawi. Ketiga, angkat Kapolri yang memang layak memimpin Polri di era demokrasi.

Keempat, evaluasi tugas dan kewenangan Polri yang sudah terlalu berlebihan dan cenderung tak profesional. Kelima, wujudkan tanggung jawab kemanusiaan terhadap keluarga korban kekerasan polisi. Keenam, meminta Presiden Jokowi untuk mendengar tuntutan mahasiswa dan masyarakat luas. Jangan paksakan lahirnya kebijakan yang bertentangan dengan aspirasi masyarakat.

The post Saatnya Presiden Angkat Kapolri yang Layak Pimpin Polri di Era Demokrasi appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar