Ketua Mahkamah Agung Pandu 575 Anggota DPR Ucapkan Sumpah

Nasional70 Dilihat

Jakarta – Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali memandu sumpah dan janji 575 orang Anggota DPR RI periode 2019-2024, dalam Rapat Paripurna I Masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020, dipimpin oleh Anggota DPR tertua dan termuda yaitu Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Partai Demokrat dan Hillary Brigitta Lasut Fraksi Nasdem.

Acara pengambilan sumpah dan janji Anggota DPR disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta sejumlah Duta Besar negara-negara sahabat, berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Semua anggota Dewan secara bersama-sama melafalkan sumpah sebelum resmi menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024.

Lafal sumpah yang diucapkan adalah “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Usai disumpah, masing-masing anggota menandatangani berita acara sumpah dan janji. Secara simbolis penandatanganan berita acara juga dilakukan lima anggota DPR RI dari lima agama. Acara pengambilan sumpah para anggota DPR RI ini dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Di akhir acara, Pimpinan DPR RI menyerahkan buku memori DPR RI 2014-2019 kepada pimpinan DPR RI sementara. Pimpinan lama yang hadir pada pengambilan sumpah dan janji ini adalah Bambang Soesatyo, Agus Hermanto, Fadli Zon, dan Utut Adianto.

The post Ketua Mahkamah Agung Pandu 575 Anggota DPR Ucapkan Sumpah appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar