Menag Resmikan Daerah Binaan Kemenag di Kabupaten Aceh Singkil

Nasional45 Dilihat

Aceh Singkil – Menteri Agama Fachrul Razi hari ini meresmikan Program Percontohan Daerah Binaan Ditjen Bimas Islam Kemenag di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Menag tiba di Kabupaten Aceh Singkil sekitar pukul 11.20 WIB setelah menempuh perjalanan dari Medan mengunakan pesawat penumpang regional jarak pendek dan mendarat di Bandara Syekh Hamzah Fansuri, Aceh Singkil. Menag kemudian melanjutkan perjalanan darat sekitar lebih dari satu jam menuju Desa Situbuh-Tubuh Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, tempat acara peresmian berlangsung. Tiba di lokasi acara, Menag yang didampingi Hani Fachrul Razi disambut dengan tarian tradisional Pakpak dan diselendangi kain ulos oleh Camat Danau Paris.

Gelaran launching ini dihadiri seribuan masyarakat Kabupaten Singkil dan sekitarnya. Mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, Forkominda hingga para santri tampak antusias memadati lokasi acara yang berada persis di tepi jalan utama Desa Situbuh-Tubuh.

Peresmian Proper Daerah Binaan Ditjen Bimas Islam ditandai dengan pemukukan gong oleh Menag didampingi Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, Kakanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh dan Plh Dirjen Bimas Islam Tarmizi Tohor.

“Saya memang orang Aceh, lahir dan besar di Aceh, masuk tentara dan bisa menjadi bintang empat. Tapi saya belum pernah ke Singkil. Alhamdulillah saya bisa datang ke Singkil. Saya sangat senang dan bahagia,” kata Menag mengawali sambutan dan arahannya, Minggu (22/12).

Tampak hadir, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam, Fuad Nasar, Kakanwil Kemenag Sumut, Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali, jajaran Forkominda, Kakankemenag Aceh Singkil dan segenap para KUA beserta Penyuluh se Kabupaten Singkil.

Menurut Menag, salah satu alasan ditetapkannya satu desa di Kabupaten Aceh Singkil sebagai Program Percontohan Daerah Binaan Kemenag karena daerahnya rukun dan damai. “Masyarakat Aceh Singkil sangat heterogen dan menjunjung semangat rukun dan damai. Ini menjadi kunci majunya sebuah daerah,” kata Menag.

“Ini kekuatan kita dalam membangun bangsa. Rukun dan damai adalah sebuah hal yang sangat mahal,” tandasnya.

Program Percontohan Daerah Binaan ini merupakan yang kelima diresmikan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama sepanjang tahun 2018- 2019. Kemenag telah meresmikan Program Percontohan Daerah Binaan di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jabar, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulteng dan dipenghujung Desember 2019 ini di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Pada tahun 2018 Kemenag juga meresmikan Program Percontohan Daerah Binaan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Program Percontohan Daerah Binaan adalah salah satu inovasi Ditjen Bimas Islam Kemenag. Inovasi ini merupakan bagian dari Lima Budaya Kerja Kementerian Agama sebagai usaha untuk mengintegrasikan program Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah, dan Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf serta kesekretariatan. Harapannya, dampak program menjadi lebih luas dan manfaatnya semakin dirasakan.

Usai meresmikan Proper Daerah Binaan Ditjen Bimas Islam, Menag dan rombongan berkunjung ke Pondok Pesantren Safinatussalamah, di Desa Biskang, Aceh Singkil, yang berjarak sekitar 16 kilometer dari lokasi acara. Menag bersilaturahim dengan Rais ‘Am Dayah Safinatussalamah, Tgk H Abi Hasan dan keluarga besar Pondok Pesantren Safinatussalamah. (kemenag)

The post Menag Resmikan Daerah Binaan Kemenag di Kabupaten Aceh Singkil appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Komentar