Banjir Beberapa Titik Surut, Warga Cirebon Kembali ke Rumah

Kilas Cirebon77 Dilihat

CIREBON – Banjir di tiga kecamatan, Plumbon, Depok dan Susukan di Kabupaten Cirebon telah surut dan warga telah kembali ke rumah pada pagi tadi, Sabtu (7/3). Sebelumnya 283 jiwa mengungsi ke Masjid Al Mujahidin Gintung Lor.

“Pagi ini 7 Maret 2020, pukul 05.50 waktu setempat air sudah surut total, pengungsi yang semalam bertahan di masjid sudah kembali ke rumah masing-masing dan kerabat terdekat,” ujar Dadang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon.

Sebanyak 1.744 KK (3.512) jiwa terdampak akibat banjir yang terjadi pada Jumat (6/3), pukul 21.00 WIB. Saat itu banjir menggenangi 508 rumah dengan ketinggian air 30 hingga 150 cm.

Hujan dengan intensitas tinggi menjadi salah satu pemicu banjir. Hujan di wilayah Kabupaten Majalengka di bagian hulu mengakibatkan Sungai Ciwaringin meluap. Banjir akhirnya terjadi di tiga wilayah desa, Desa Gintung Lor di Kecamatan Susukan, Kebarepan di Kecamatan Plumbon dan Desa Kasugengan Lor di Kecamatan Depok.

Saat penanganan darurat TRC BPBD Kabupaten Cirebon bersama TNI, Polri, sukarelawan dan warga mengevakuasi warga ke masjid. BPBD juga segera memberikan makanan berupa mie instan, air mineral, selimut, kidsware, obat-obatan, family kits dan sandang.(bnpb)

Komentar