YANU Berikan APD Ke Sejumlah Supir Ambulans

Kilas Cirebon4 Dilihat

KILASCIREBON I KOTA CIREBON -Tidak hanya dokter dan perawat yang berkutat dengan pasien Covid-19 atau virus corona. Namun, driver ambulans jenazah juga berjibaku dengan pasien Covid-19.

Berbagai perasaan menyelimuti para sopir ambulans di wilayah kota Cirebon ketika membawa jenazah, mulai takut tertular virus corona. Perasaan was-was dan khawatir sering kali menyelimuti mereka.

Dengan persoalan tersebut Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada para sopir ambulans yang berasal dari sejumlah yayasan sosial yang ada di kota Cirebon.

Ketua YANU Cabang Cirebon, Puguh Purwandono mengatakan, bantuan APD berupa Hazmat tersebut sengaja diberikan kepada para sopir ambulans, mengingat tugas mereka yang sangat rentan terpapar virus ketika mengevakuasi pasien yang belum diketahui penyakitnya. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Di tengah pandemi Covid-19, sebelumnya kami telah mendistribusikan bantuan APD untuk para tenaga medis di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19. Kali ini bantuan tersebut kami berikan kepada para sopir ambulans dari beberapa yayasan sosial”, ungkapnya, Minggu (3/5/2020).

Tuhroni sopir ambulans dari At-Taqwa Center mengatakan, dirinya bersama beberapa sopir ambulans lainnya mengaku cukup khawatir ketika akan mengevakuasi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan sebelum kemudian di rujuk ke rumah sakit.

Kekhawatiran tersebut timbul mengingat tidak jarang rumah sakit dan Dinas Kesehatan yang kerap kecolongan ketika menangani pasien yang ternyata terindikasi terpapar Covid-19. Hal tersebut terjadi, baik karena ketidakjujuran pasien maupun pihak keluarganya.

“Rumah sakit dan Dinas Kesehatan pun pernah kecolongan saat melakukan pemeriksaan kepada pasien yang ternyata terindikasi terpapar Covid-19, apalagi kami”, pungkasnya. (JS).

Komentar