Putra Mahkota PRA. Luqman Zulkaedin, Perdana Jadi instruktur Upacara Kemerdekaan Ke-75 RI di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Kilas Cirebon4 Dilihat

Kota Cirebon – Keraton Kasepuhan Cirebon melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia di Taman Dewandaru Keraton Kasepuhan Cirebon, Senin (17/8/2020).

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini tanpa Sultan Sepuh. Putra Mahkota Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin perdana mengambil alih.

Putra Mahkota PRA Luqman Zulkaedin bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pesertanya sendiri terdiri dari wargi keraton, wargi jati, abdi dalem, kemantren, kaum Masjid Agung Sang Cipta Rasa, paguyuban keluarga pengabdi, masyarakat magersari, Laskar Suranenggala, dan dari SMK Pakungwati.

Pantauan KilasCirebon setiap peserta berbaris dengan jarak tertentu sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai masker termasuk putra mahkota sendiri.

Dalam kesempatan itu, PRA Luqman mengungkapkan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia yang telah menginjak usia 75 tahun. Dalam sambutannya juga PRA. Lukman menyampaikan sejumlah ajakan.

“Mari menjaga silaturahmi persatuan dan kesatuan,” ungkapnya.

Lukman juga mengajak publik untuk menghormati adat tradisi budaya bangsa Indonesia dan memajukan budaya nasional. Pariwisata Indonesia pun menurutnya layak diupayakan untuk semakin maju.

Dia juga mengajak masyarakat mewaspadai informasi bohong/hoaks dan adu domba.

Keterlibatan PRA Luqman sebagai inspektur upacara kali ini sendiri merupakan kali pertama. Pasca Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mangkat Juli lalu, seluruh urusan keraton kini berada di tangan Luqman selaku putra mahkota.

Ratu Raja Siti Fatimah Nurhayani selaku keluarga keraton yang juga adik kandung PRA. Luqman menjelaskan bahwa ini perdana PRA Luqman Zulkaedin sebagai inspektur upacara HUT RI di Keraton Kasepuhan Cirebon.

“Selama ini inspektur upacara di Kesultanan Kasepuhan Cirebon selalu dipimpin sultan sendiri (sang ayah, Sultan Sepuh Ke XIV PRA.Arief Natadiningrat ). Tapi tahun ini adalah perdana PRA.Luqman Zulkaedin sebagai inspektur upacara HUT RI ke 75 tahun 2020.” ungkapnya(JS).

Komentar