Dengan Dukungan Masyarakat, Pemda, TNI dan Polri Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Masa Pandemi Covid-19

Kilas Cirebon3 Dilihat

Kota Cirebon -Wali Kota berharap masyarakat bisa turut serta mewujudkan Kota Cirebon yang aman, tertib dan tidak menjadi tempat penularan baru Covid-19 pada perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021. Kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) juga diminta terus ditingkatkan.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., usai melepas Patroli Skala Besar dalam rangka Pengamanan Natal 2020 bertempat di halaman belakang Balaikota, Jalan Siliwangi No.84 Kota Cirebon menjelaskan, bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon siap melindungi masyarakat di perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021.

“Patroli skala besar ini dimaksudkan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Pemda Kota Cirebon bersama TNI dan Polri siap untuk mengamankan natal dan tahun baru 2021,” ungkap Azis.

Hanya saja, Azis mengingatkan bahwa saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi. Untuk itu Pemda Kota Cirebon juga telah mengeluarkan surat edaran yang membolehkan perayaan dan ibadah natal namun dengan tetap mematuhi prokes. “Sedangkan untuk perayaan tahun baru ditiadakan di semua tempat,” ungkap Azis.

Untuk itu, Azis berharap kepada seluruh masyarakat bersama-sama dengan Pemda Kota Cirebon untuk mewujudkan Kota Cirebon yang aman dan tertib. “Serta tidak menjadi tempat penularan Covid-19,” ungkap Azis.

Caranya yaitu dengan mematuhi prokes dan surat edaran terkait perayaan natal dan tahun baru yang sudah diterbitkan oleh Pemda Kota Cirebon. Jika melanggar, Azis meyakinkan sanksi akan diberikan.

“Berupa sanksi sosial bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan,” ungkap Azis. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon dibantu dengan TNI dan Polri akan mengawasi dilaksanakannya prokes pada perayaan natal dan tahun baru di Kota Cirebon.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota (Ciko), AKBP Syamsul Huda, menjelaskan dilaksanakannya patroli skala besar hari ini menunjukkan bahwa Kota Cirebon dalam kondisi aman. “Juga menunjukkan bahwa aparatur negara, baik Pemda Kota Cirebon, TNI dan Polri siap untuk mengamankan natal 2020 dan tahun baru 2021,” ungkap Syamsul.

Namun Syamsul mengingatkan pada perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 ada sesuatu yang berbeda, yaitu masih terjadinya pandemi Covid-19 di sebagian besar belahan dunia, termasuk di Indonesia. Sehingga seluruh pelaksanaan tugas disesuaikan dengan prokes. “Kami juga memastikan masyarakat mematuhinya,” ungkap Syamsul.

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan patroli kendaraan mengelilingi Kota Cirebon dengan rute Balaikota Cirebon-Jalan Siliwangi-putaran Bakorwil-Jalan Diponegoro-Jalan Samadikun-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Yos Sudarso-Jalan Kalijaga-putaran Karang Anom-fly over-Jalan Ahmad Yani-Jalan Brigjen Darsono, Jalan Pemuda-Jalan Ciptomangunkusumo-Jalan Kartini-Jalan Siliwangi dan finish di Balai Kota Cirebon.(Adv).

Komentar