Wali Kota: Mendidik Budi Pekerti Tugas Utama Guru

Kilas Cirebon2 Dilihat

Kota Cirebon -Mendidik budi pekerti anak merupakan tugas utama dari seorang guru. Mendidik anak memiliki budi pekerti sangat penting saat masih di bangku Sekolah Dasar (SD).

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat melantik kepala Sekolah Dasar Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Kamis, 11 Februari 2021 di salah satu hotel di Jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

“Pertama, saya ucapkan selamat kepada bapak dan ibu yang baru saja dilantik hari ini,” ungkap Azis. Kepala sekolah yang baru dilantik juga diharapkan bisa segera menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik.

“Saya juga berpesan, jangan lupakan tugas utama seorang guru,” ungkap Azis. Tugas utama guru yaitu mendidik budi pekerti siswa dan siswi mereka. Pendidikan budi pekerti sejak dini penting agar kelak saat anak dewasa sudah tertanam sikap moral, sosial dan budi pekerti yang tinggi di dalam diri mereka. Ini merupakan bekal bagi anak untuk melangkah dalam kehidupan.

Sedangkan kepada orangtua, Azis meminta peran serta orang tua bersama dengan guru untuk mendidik anak-anak menjadi pribadi yang cerdas, pintar dan memiliki budi pekerti tinggi.

“Harus ada kerjasama antara orang tua dan guru,” tegas Azis. Sehingga nantinya akan tercetak anak yang pintar dan memiliki keterampilan tetapi dibarengi dengan budi pekerti yang baik. “Ini sunggu tanggung jawab yang besar,” ungkap Azis.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon, Drs. H. Anwar Sanusi, M.Si., menjelaskan ada sebanyak 80 kepala Sekolah Dasar (SD) yang dilantik hari ini.

“Sebagian mengisi kekosongan yang sudah lama,” ungkap Anwar. Setelah dilantik, kepala sekolah baru tersebut diharapkan langsung mengatur strategi untuk menyiapkan pembelajaran bagi siswa dan siswi di Kota Cirebon. Khususnya strategi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa kepala Sekolah Dasar (SD) yang dilantik hari ini sebelumnya telah mengikuti seleksi nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Pengembangan Kepala Sekolah (LP2KS).

“Lembaga tersebut langsung berada di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap Irawan. Dengan pelantikan yang digelar hari ini, kekosongan kepala SD di Kota Cirebon sudah bisa diatasi.

Namun Disdik Kota Cirebon tetap menyiapkan kader-kader terbaik sebagai calon kepala SD mengingat tahun depan akan ada lagi kepala SD yang pensiun. “Kader-kader kami siapkan, tidak terhenti,” ungkap Irawan.(adv).

Komentar