Mulai 20 Mei 2021, Layanan Tes GeNose Hadir Di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes

Kilas Cirebon64 Dilihat

Kota Cirebon – Dalam rangka mempermudah mendapatkan surat bebas covid-19, sebagai salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh penumpang KA Jarak Jauh, terhitung mulai 20 Mei 2021, di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes telah hadir pelayanan pemeriksa Tes GeNose C-19 dengan tarif Rp 30.000. Layanan ini terselenggara atas kerjasama antara PT KAI Daop 3 Cirebon bersama PT Farmalab. Jam pelayanan di Stasiun Haurgeulis dimulai dari pukul 07:30 s/d 17:00 WIB, dan jam pelayanan di Stasiun Brebes dimulai dari jam 08:00 s/d 17:00 WIB.

“Guna membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan ketika akan menggunakan layanan KA jarak jauh, salah satunya harus dilengkapi dengan surat bebas Covid-19, mulai 20 Mei 2021, di Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes telah hadir layanan Tes GeNose C-19 dengan tarif Rp 30.000. Diharapkan dengan kehadiran layanan ini, bisa menjadi alternatif pilihan lokasi pelayanan bagi para penumpang, dimana sebelumnya telah hadir layanan Tes GeNose di Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang. Nantinya para penumpang bisa memilih layanan GeNose yang terdekat dengan stasiun keberangkatannya dalam mendapatkan surat bebas Covid-19,” Jelas Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon.

Dengan adanya penambahan tersebut, total stasiun di Wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon pada akhir bulan Mei 2021 ini, telah terdapat 5 Stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Ke tiga stasiun sebelumnya yang telah melayani pemeriksaan GeNose C-19 tersebut diantaranya Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

Suprapto mengatakan, bahwa hasil pemeriksaan GeNose C19 di 5 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Tercatat dalam kurun waktu 2 bulan terakhir ini (1 Maret 2021 s/d 18 Mei 2021), di 3 layanan stasiun wilayah Daop 3 Cirebon yang telah terdapat layanan Tes GeNose dan Rapid Test Antigen, jumlah penumpang KA yang telah mengunakan layanan Tes GeNose mencapai 23.223 orang, sementara yang menggunakan layanan Rapid Test Antigen berjumlah 3.763 orang.

Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Sebagai salah satu persyaratan protokol kesehatan dalam menggunakan KA Jarak Jauh, pelanggan KA diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif dari Tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR.

“Layanan pemeriksaan GeNose C19 di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dalam rangka screening Covid-19 pada moda transportasi kereta api, telah menjadi primadona pilihan para penumpang di dalam mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid-19, ini bisa terlihat dari semakin meningkatnya jumlah peserta yang memeriksa diri. Guna mengantisipasi peningkatan tersebut, maka dilakukan penambahan layanan Tes GeNose di Stasiun Brebes dan Stasiun Haurgeulis,” tutup Suprapto.(JS).

Komentar