Kuningan – Tahun baru Islam jatuh pada Senin 10 Agustus 2021. Di Indonesia, ada banyak tradisi 1 Muharram yang sering dilakukan masyarakat di berbagai daerah.

Dalam tradisi Islam, tidak ada ajaran khusus dalam menyambut pergantian tahun selain memanjatkan doa kepada Allah dan berpuasa untuk mendapatkan ridho serta ampunan-Nya

Dewan Penasehat Majelis Silahturahmi Pusat Malang Jawa Timur Gus Fadil Zaenur melakukan Silahturahmi menghadiri acara malam 1 Muharram 1443 Hijriyah di desa Cisukadana kabupaten Kuningan bertempat di kediaman mantan Kuwu (Kepala Desa) Cisukadana Kecamatan Kadugede, Budianto (disapa Kang Budi).

Rangkaian acara malam 1 Muharram 1443 Hijriyah dilaksanakan dengan sederhana dengan dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda setempat.

Hadir pula Panglima Laskar Macan Ali Nuswantara Jatim Gus Acid,
Panglima Laskar Macan Ali Nuswantara Lamongan Gus Purnawan dan Kang Hamzah anggota LMA Lamongan.

Dewan Penasehat Majelis Silahturahmi Pusat Malang Jawa Timur Gus Fadil Zaenur berharap agar momen tahun baru 1 Muharam 1443 Hijriah yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan, dapat dimanfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar baik lahiriah maupun batiniah dalam melawan pandemi Covid-19.

‘Saya berharap juga kepada kita semua dalam momen tahun baru 1 Muharam 1443 Hijriah, agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan melalui silaturahmi serta menjaga tradisi budaya Nusantara para leluhur.’ ungkapnya

Setelah bersilahturahmi Dewan Penasehat Majelis Silahturahmi Pusat Malang Jawa Timur Gus Fadil Zaenur beserta rombongan juga menyempatkan berziarah ke situs makam eyang Mangun dana di desa Cisukadana kabupaten Kuningan. (JS).

Loading...