Refleksi Pra Proklamasi 15 Agustus di Tugu Proklamasi Cirebon

Kilas Cirebon3 Dilihat

Kota Cirebon – Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan LSM di Kota Cirebon melakukan refleksi Pra Proklamasi yang berlangsung di Tugu Proklamasi, Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Minggu (15/8/2021) Pukul 15.30 Wib.

Ketua Pelaksana Kegiatan, M. Dany Jaelani menjelaskan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa tanggal 15 Agustus 1945 ada Pra Proklamasi.

Secara mendasar bahwa Pra Proklamasi ada dari data Perpustakaan Nasional dan juga saksi hidup di Cirebon, bahwa pada tanggal 15 Agustus 1945 ada Pra Proklamasi,” ungkapnya

Dany menjelaskan ini merupakan salah satu tonggak sejarah yang harus diketahui oleh seluruh warga Cirebon khususnya dan warga Indonesia.

“Ini pun tidak menganulir dari Proklamasi 17 Agustus dan ini bagian dari sejarah,” ungkapnya.

Dany menambahkan, refleksi Pra Proklamasi sudah diselenggarakan setiap tahun karena kondisi pandemi saat ini, kegiatan diselenggarakan sore hari dengan prokes yang kita lakukan. Kami juga mengundang legiun Veteran yaitu ketua Legiun Veteran Kota Cirebon Bapak Didi Supardi dan Bapak Soehodo.

“Dengan adanya pandemi ini kami pun menyesuaikan. Biasanya kegiatan dilakukan dengan banyak peserta akan tetapi tahun ini hanya beberapa perwakilan saja dan kami tetap mematuhi prokes, dengan menerapkan 5M dan selesai acara kami juga membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di jalan Siliwangi dan Kartini Kota Cirebon. (JS).

Komentar