Kota Cirebon – Pengurus baru BPTAGS secara resmi dikukuhkan langsung oleh Patih Sepuh Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat di gedung Pasanggrahan Taman Air Goa Sunyaragi, Rabu sore (17/11/2021).

Dalam pengukuhan tersebut, Patih Sepuh Keraton Kasepuhan, Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat menyerahkan surat keterangan (SK) kepengurusan baru kepada Raden Chaidir Susilaningrat selaku Wakil Direktur BPTAGS.

Wakil Direktur BPTAGS yang baru Raden Chaidir Susilaningrat mengatakan Pengurus BPTAGS yang baru dikukuhkan ini akan fokus kepada tugas dan kewajiban merawat Gua Sunyaragi.

“Saya meminta permasalahan Goa Sunyaragi tidak dipolitisir dan didramatisir. Kami juga bersyukur permasalahan kemarin bisa dilewati dan kami bisa kembali tugas.” ungkapnya

Menanggapi adanya pihak-pihak lain yang hendak mengeluarkan SK, Raden Chaidir mengaku dirinya tidak mau ambil pusing.

“Kalau ada pihak lain yang mengeluarkan SK silahkan saja, kami di sini bekerja juga mengabdikan diri untuk melestarikan cagar budaya. Kalau memang diberi amanat, ya kami kerjakan. Kalau ada pihak lain, ya itu tentunya bukan dengan kami, tapi urusannya dengan pemilik Goa Sunyaragi,”ucapnya.

Chaidir menjelaskan, Goa Sunyaragi merupakan wewengkon Keraton Kasepuhan dan siapapun yang memiliki kepentingan untuk Goa Sunyaragi, harus berhubungan dengan Keraton Kasepuhan.

Sementara dalam surat keputusan (SK) kepengurusan baru BPTAGS masih terdapat nama pengurus lama dan sebagian pengurus baru. Sebagai Direktur BPTAGS yakni Pangeran Raja Nisfudin Ardiningrat dan Wakil Direktur Raden Chaidir Susilaningrat serta Raden Wargadipura sebagai sekretarisnya.

Kemudian, Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin sebagai Pembina BPTAGS bersama Patih Sepuh Pangeran Raja Goemelar Soeriadiningrat serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Suherman. Tugas pengawasan dipercayakan kepada Raden Irwan Herlambang dan Sekretarisnya Raden Gaga. (JS).

Loading...