Kota Cirebon.- Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum Brigade Bintang Timur (LKBH BIBIT) teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon bertempat di Kantor LKBH BIBIT Jl. Ahmad Yani, Selasa (11/1/22).

Owner LKBH BIBIT Advokat Qorib menuturkan, MoU ini dilakukan untuk mendukung kinerja LKBH dalam memberikan bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu khususnya Kota Cirebon.

“Kenapa harus MoU, karena kita punya LKBH yang notabene mempunyai klien warga miskin yang tidak mampu membayar pengacara,” ujar Qorib.

Qorib menjelaskan, media merupakan salah satu pilar tegaknya demokrasi. Disamping itu, media juga tanggungjawab moral di berbagai bidang diantaranya hukum.

“Tanpa media, demokrasi di Indonesia khususnya di Kota Cirebon tidak berjalan dengan baik,” jelasnya.

Tak hanya itu, sambung Qorib, pihaknya akan terus mengawal bersama dalam penegakkan hukum di Kota Cirebon agar terekspos dengan baik.

“Kami juga akan memberikan bantuan hukum kepada kawan jurnalis dalam melaksanakan tugasnya,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon Muslimin menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan LKBH BIBIT untuk bekerjasama dalam pengawasan penegakkan hukum khusunya di Kota Cirebon.

Muslimin menjelaskan, Pers dalam menjalankan perannya memberikan kontribusi terhadap pencerdasan kehidupan bangsa melalui informasi yang disampaikan dalam publikasi tulisan dengan beritanya, sekaligus membawa amanat Undang-Undang Dasar 1945 dalam kebebasan berpikir dan berpendapat sebagai Hak Asasi Manusia.

“Lewat informasi yang disampaikan ke publik, jurnalis dapat membentuk opini publik dan secara tidak langsung mengarahkan pandangan masyarakat tentang masalah-masalah hukum dalam pemberitaan,” jelasnya. (JS).

Loading...