Generasi Muda Cirebon Mendukung Ki Bagus Rangin Menjadi Pahlawan Nasional

Kilas Cirebon76 Dilihat

Kota Cirebon – Generasi Muda Cirebon melaksanakan deklarasi di Keraton Kacirebonan, dipimpin oleh Sultan Kacirebonan IX, Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat.

Kota Cirebon, Senin 18 Juli 2022.

Dalam deklarasi ini Generasi Muda Cirebon mendukung Ki Bagus Rangin menjadi pahlawan nasional dan Ki Bagus Rangin dianggap layak diangkat menjadi pahlawan nasional yang berasal dari wilayah Cirebon.

Selain itu, Generasi Muda Cirebon
memohon kepada pemerintah pusat melalui pemerintah daerah, untuk mengusulkan Ki Bagus Rangin menjadi pahlawan nasional.

Sultan Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat mengatakan bahwa upaya ini harus didukung oleh semua pihak.

“Harus ada persamaan homogen, bahwa Ki Bagus Rangin ini layak menjadi pahlawan nasional,” katanya

Ki Bagus Rangin merupakan sosok sentral di balik pemberontakan rakyat Ciayumajakuning, bahkan hingga Sumedang, Subang dan Karawang, terhadap pemerintahan Hindia Belanda.

Peristiwa pemberontakan rakyat terhadap Hindia Belanda ini dikenal dengan Perang Kedondong yang terjadi sekitar tahun 1802 hingga 1818.

Namun demikian, dia mengatakan bahwa Ki Bagus Rangin adalah tokoh masyarakat yang memiliki hubungan dengan Keraton Kanoman Cirebon.

Waktu meletupnya pemberontakan terhadap Belanda ini berawal dari Keraton Kanoman dulu. Nah, Ki Bagus Rangin satu angkatan dengan para leluhur kami,” jelas Pangeran Raja Abdulgani Nata Diningrat.

Sementara itu, mengusulkan pejuang dari Cirebon ini menjadi pahlawan nasional memang bukan upaya yang baru kali ini dilakukan.

Langkah ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, Pemerintah Pronvinsi Jawa Barat pernah menggelar seminar nasional pada 2019 untuk membahas hal ini.

Salah satu upaya yang sedang kita perjuangkan sekarang adalah pengusulan pejuang Ki Bagus Rangin sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia,” ungkapnya pada kegiatan Seminar Nasional Deklarasi tersebut. (JS).

Komentar