Kota Cirebon – Anak-anak saat ini akan menjadi bagian penting bagi masa depan bangsa kelak. Oleh karenanya, kualitas anak harus dijaga sebaik mungkin, guna menyiapkan generasi emas di masa akan datang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., saat menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional 2022 tingkat Kota Cirebon, di Gedung Negara Provinsi Jawa Barat kawasan Krucuk Kota Cirebon, Rabu (27/7/2022).

Selain Wali Kota Cirebon, hadir dalam kegiatan tersebut pula Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, serta pejabat di lingkungan Pemda Kota Cirebon dan unsur Forkopimda Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Azis menyampaikan bahwa momentum Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini bertema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Semangat ini mendorong semua elemen untuk bisa mendukung melalui kerja-kerja aktif dan inovatif yang berimplikasi pada tumbuh kembang anak.

“Baik pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan dan media massa untuk menjadi leading sector dalam melakukan kerja-kerja aktif dan inovatif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak,” ungkap Azis.

Ia menambahkan, kerja aktif dan nyata yang paling mungkin dapat dilakukan adalah dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing.

“Kita tidak dapat menyangkal bahwa masa depan bangsa ini berada di tangan mereka yang hari ini masih berusia anak-anak. Sehingga semakin baik kualitas anak saat ini, maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa,” tuturnya.

Pastikan Kualitas Anak Terjaga untuk Masa Depan Bangsa Pastikan Kualitas Anak Terjaga untuk Masa Depan Bangsa Pastikan Kualitas Anak Terjaga untuk Masa Depan Bangsa

Namun sebaliknya, sambung Azis, apabila kualitas anak tersebut buruk, maka akan buruk pula masa depan bangsa. Oleh sebab itu, pihaknya ingin mendorong peran keluarga di Kota Cirebon untuk benar-benar mewujudkan dan memberikan perlindungan kepada anak.

“Melalui panggung kreativitas pelajar ini, mari kita aktif melakukan perlindungan serta pemenuhan hak-hak anak. Misalnya hak pendidikan, bermain, mendapatkan identitas, akses kesehatan, rekreasi serta hak berkembang sesuai dengan kemampuan intelektual serta perkembangan usianya,” jelasnya.

Azis juga berterimakasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan penyelenggaraan kegiatan ini. “Semoga ini adalah upaya yang menjadi komitmen bersama untuk kerja bersama mewujudkan kemajuan di Kota Cirebon,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Kota Cirebon, Kadini, S.Sos., mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi ke-653 Cirebon. Jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai 653 anak dari berbagai jenjang pendidikan dan mengikuti tujuh ragam lomba.

“Lomba yang diselenggarakan itu diantaranya adalah mewarnai, busana, kesenian hingga menyanyi. Pada kegiatan ini juga sekaligus memberikan bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa,” katanya. (Adv).