Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon Terima Kunjungan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia, Vassyl Hamianin

Kilas Cirebon5 Dilihat

Kota Cirebon – Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vassyl Hamianin kunjungi keraton kasepuhan Cirebon dalam rangkaian agenda kerja di kota Cirebon. Jum’at (15/7/22).

Vassyl Hamianin diterima langsung oleh Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Goemelar Soeryadiningrat dan Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat di ruangan dalem arum keraton kasepuhan Cirebon.

Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vassyl Hamianin mengatakan kunjungan ke keraton kasepuhan Cirebon dalam rangkaian silahturahmi ke keraton kasepuhan Cirebon setelah menghadiri acara bedah buku Prof Yuddy Chrisnandi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Vassyl Hamianin menjelaskan saya tidak berkata-kata terkait Keraton Kasepuhan ini. Karena saya tertarik dengan semua hal yang ada di sini.

“Saya sebelumnya tahu Cirebon dari teman baik saya Pak Yudi Chrisnandi. Dia mengundang saya untuk launching dan presentasi mengenai bukunya. Dan ada pertemuan dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” ungkapnya

Vassyl Hamianin mengatakan di Cirebon juga ada agenda pertemuan dengan Walikota Cirebon dan berkunjung ke keraton Kasepuhan Cirebon.

“Ini juga suatu kehormatan bagi saya untuk mengetahui sedikit banyak terkait budaya dan sejarah yang luar biasa dari Kerajaan Padjajaran dan Kerajaan Cirebon. Ini adalah kehormatan bagi saya,” ungkapnya

Sementara Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Goemelar Soeryadiningrat mengatakan kunjungan Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vassyl Hamianin ke keraton kasepuhan Cirebon dikarenakan sangat bangga dan mencintai sejarah khususnya kerajaan Pajajaran dan silsilah kesultanan Cirebon ini.

“Tadi yang disampaikan Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vassyl Hamianin sangat takjub tentang keraton kasepuhan Cirebon dan sangat terhormat diterima diruangan dalam arum. Dimana ruangan ini adalah ruangan keluarga keraton kasepuhan Cirebon,” ungkap Patih sepuh

Patih Sepuh juga menambahkan beliau juga sangat mengagumi kondisi keraton kasepuhan Cirebon yang merupakan peninggalan para leluhur masih sangat terawat hingga saat ini.

Terkait kondisi Ukraina saat ini Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia, Vassyl Hamianin juga menyampaikan ke patih sepuh bahwa kondisi Ukraina masih dalam kondisi sangat memprihatinkan. Saat ini Ukraina dalam posisi sulit, memilukan dan memprihatinkan karena serangan dan kerusakan yang dilakukan oleh Rusia.(JS).

Komentar