Pihak Keraton Kasepuhan Sambut Baik Puncak Perayaan Hari Jadi Cirebon ke 653

Kilas Cirebon97 Dilihat

Kota Cirebon – Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut baik pelaksanaan puncak perayaan Hari Jadi Cirebon ke 653 bakal digelar di lapangan Alun-alun Sangkala Buana Kasepuhan.

Hal tersebut disampaikan kepala Badan Pengelola Keraton Kasepuhan Cirebon, Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat saat ditemui diruang kerjanya setelah menerima ketua hari jadi Cirebon, Kadini. Senin (25/7/22).

“Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut baik adanya kegiatan hari jadi Cirebon ke 653 tahun 2022,” ungkapnya

Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat mengatakan bahwa pihak panitia hari jadi Cirebon sudah berkoordinasi terkait pelaksanaan hari jadi yang akan dilaksanakan di Alun-alun Sangkala Buana serta untuk kegiatan kirab ziarah ke Astana Gunung Jati. Kami akan mengawal dengan prajurit keraton yang sudah disediakan sekitar 50 prajurit keraton.

“Hari Jumat tanggal 29 Juli Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon akan mengadakan kirab sejarah dan ziarah ke Astana Sunan Gunung Jati dan pentas seni serta kegiatan di masjid agung sang cipta rasa, kami juga sudah siap untuk mensukseskan acara tersebut,” ungkap ratu raja Alexandra

Ratu Alexandra juga mengatakan pada Jumat malam (29/7/2022), panitia Hari Jadi Cirebon ke 653 mengadakan kegiatan pentas seni di Alun-alun Sangkala Buana. Kemudian pada tanggal 30 atau Sabtu malamnya juga ada pentas seni juga, setelah itu Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar tradisi wayangan di Alun-alun Sangkala Buana. Tradisi wayangan ini sempat berhenti karena ada pandemi, dan tahun ini kembali digelar di alun-alun sebelumnya selalu di dalam keraton setiap 1 Muharram,”ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan nanti kami juga akan mensterilkan sekitar Alun-alun sangkala buana dari pedagang selama tiga hari serta mengatur area parkir yang akan digunakan untuk undangan para pejabat serta peserta yang dari luar kota yang ikut dalam kegiatan pentas seni ini.

Ratu Raja Alexandra berharap di hari jadi ke 653 Kota Cirebon dan masyarakat serta pemerintah bisa berkolaborasi dan berjalan mewujudkan kota Wisata Religi, Kuliner dan Sehati.(JS).

Komentar