Pekiringan Festival 2022 sukses digelar!

Kilas Cirebon67 Dilihat

Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 pada tahun ini menjadi moment yang ditunggu-tunggu oleh warga Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon.

Pasalnya sejak tahun 2015 hingga 2019 kegiatan yang diberi nama “Porseni” sudah menjadi agenda rutin warga kelurahan Pekiringan untuk dapat berkompetisi, baik dibidang seni, olah raga ataupun kegiatan yang bersifat sosial.

Pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM secara nasional pada tahun 2020 dan 2021 mengakibatkan kegiatan Porseni ditiadakan.

“Setelah 2 tahun kita tidak memiliki agenda seni dan budaya, pada 2022 ini menjadi titik balik warga kelurahan Pekiringan untuk bangkit, demi menumbuhkan kepedulian dan semangat kebersamaan.” ungkap Lurah Pekiringan, Diza Setya Aji Pambudi, SSTP. MM.

Masih menurut Diza, “Nama Porseni diganti menjadi “Pekiringan Festival”. Perubahan nama kegiatan ini diharapkan mampu membuka lembaran baru dengan penuh percaya diri, untuk bersama-sama memulihkan sektor ekonomi masyarakat, melalui ajang kompetisi yang positif diera new normal ini.”

Pekiringan Festival yang diadakan pada hari Jum’at hingga Minggu, tanggal 9 – 11 September 2022, melibatkan 11 RW dan 57 RT sekelurahan Pekiringan.

Ketua panitia Pekiringan Festival 2022, Rudi Santoso, mengatakan “Antusiasme warga begitu luar biasa mengikuti kegiatan ini. Mulai dari Lomba Nasi Tumpeng antar RT, Nite Fun Bike, Pekiringan Star (ajang pencarian bakat warga) dan puncaknya adalah Jalan Sehat.”

Sementara itu ditempat berbeda, sekretaris pelaksana Pekiringan Festival 2022, Ade ‘Jalal’ Sunarya, menambahkan “Selain lomba-lomba, panitia juga mengajak para pedagang dan pelaku UMKM sekelurahan Pekiringan untuk berpartisipasi dalam Bazaar Rakyat yang digelar selama tiga hari tersebut.”

Pekiringan Festival 2022 yang rencananya akan menjadi agenda rutin ini turut diapresiasi oleh Kak Jums, seorang pelaku sekaligus pemerhati seni Kota Cirebon, “Ajang ini sangat bagus. Saya mengapresiasi sekali, karena tidak hanya menjadi ajang adu bakat saja, tetapi masyarakat juga diajak untuk berkreasi agar menjadi yang terbaik, setidaknya terbaik diwilayah kelurahan Pekiringan.”

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati, yang turut hadir sebagai Dewan Juri Tamu diajang “Pekiringan Star” juga memberikan acungan jempol terhadap kegiatan tersebut. “Semoga tali silaturahmi warga Pekiringan tetap terjalin, terlebih lagi dengan adanya kegiatan Pekiringan Festival 2022, saya harapkan semangat gotong-royong dapat tertanam dihati masyarakat, khususnya warga kelurahan Pekiringan.”(JS).

Komentar