Prabu Diaz Terima Gelar Kasepuhan Agung Panglima Jayaning Sewakotama Winata Nagara Rajatama Ing Pajajaran Sunda Nuswantra Al Cirebon

Kilas Cirebon6 Dilihat

Kota Cirebon – Panglima Tinggi Laskar Macan Ali Nuswantara Prabu Diaz mendapatkan anugerah gelar Kasepuhan Agung Panglima Jayaning Sewakotama Winata Nagara Rajatama Ing Pajajaran Sunda Nuswantra Al Cirebon.

Gelar tersebut diberikan oleh para petinggi adat dari Bali, Sunda dan Banten yang tergabung dalam Majelis Agung Tritangtu Pajajaran Sunda Banten Bali Nuswantara.

“Alhamdulillah saya dipercaya dan dikukuhkan serta diberi gelar oleh para petinggi adat dari Bali, Sunda dan Banten yang tergabung dalam Majelis Agung Triyangtu Pajajaran Sunda Banten Bali Nuswantara dengan gelar Kasepuhan Agung Panglima Jayaning Sewakotama Winata Nagara Rajatama Ing Pajajaran Sunda Nuswantra Al Cirebon,” ungkap Prabu Diaz.

Prabu Diaz menjelaskan penganugerahan gelar tersebut ditandangani oleh Marsekal Madya TNI (P) Dede Rusamsi SE, MM, dan Pepuhu Agung Keresian Dharma Adiyksa PHDI Pusat, Ida Perdanda Nahe Gede Bang Buruan serta Irjen Pol. Dr. Drs. H. Anton Carlian Mpkn dalam Pertemuan agung budaya di Gong Perdamaian Dunia, Ciung Wanara Karangkamulyan Ciamis, Kamis (8/12/22) kemarin.

Dalam jumpa pers di markas besar laskar macan Ali, Prabu Diaz didampingi Wakil Panglima Tinggi LMA, Fitriyadi dan Rusmaya serta Raden Wangsa Taruna, juga Panglima LMA Kota Cirebon, Sumbada, mengatakan saat pemberian gelar dihadiri dan disaksikan oleh para tokoh di Jawa barat, perwakilan tokoh Banten dan para Resi dari Bali. Serta hadir menyaksikan dari Keraton Kasepuhan yaitu Ratu Raja Aleksandra Wulaningrat ( putri Tertua almarhum. Sultan Sepuh XIII ) serta delegasi lainnya.

Sebagai insan yang mendapatkan anugerah dan gelar Budaya, Ia akan semakin tawasul dan menjaga adab dan akhlak, harus menyurkan yang benar karena mau tidak mau akan menjadi panutan.

” Saya tidak mencari gelar atau pengakuan dari manapun juga, biar masyarakat yang menilai diri kita. Walaupun kita teriak bahwa memiliki derajat yang tinggi, turunan A sampai Z kalau tingkah laku kita tidk baik ya akan dicemoh oleh masyarakat,” ujar Prabu Diaz.

(JS).

Komentar