Tokoh Lintas Agama Di kota Cirebon Hadir Dalam Peringatan Hari Toleransi Internasional

Kilas Cirebon104 Dilihat

Kota Cirebon – Laskar Agung Macan Ali Nuswantara, Perkumpulan Aktivis Lingkungan Hidup Nuswantara dan Grage Mall memperingati Hari Toleransi Internasional di Atrium Grage Mall Cirebon, Rabu (30/11/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Wakil CEO Grage Group H Bamunas Setiawan serta para tokoh lintas agama.

Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Kesultanan Cirebon, Prabu Diaz, dalam sambutannya mengatakan kita saat ini terus menggelorakan toleransi, karena toleransi lah yang membuat kita damai.

“Toleransi adalah rasa hormat menghormati. Sejak dulu di Cirebon sudah melakukan itu. Pada tahun 1527 pasukan dari Kesultanan Cirebon turut mengusir Portugis. Saat itu warga dari berbagai umat guyub dan saling menghormati. Dari hari itu, kita melanjutkan dari leluhur untuk saling menghormati,” umgkapnya.

Prabu Diaz menambahkan, pada abad 13 Cheng Ho datang ke Cirebon. Ketika di Cirebon ia berkeliling dan pasukannya banyak yang berdiam diri di Cirebon.

“Puluhan tahun kemudian, Cirebon jadi pusat perkembangan Islam dengan hadirnya para wali. Semuanya guyub, bersama, sudah menggelorakan Bhinneka Tunggal Ika. Semuanya bertoleransi,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil CEO Grage Group, H Bamunas Setiawan mengucapkan terimakasih kepada Laskar Macan Ali yang telah bekerjasama dengan Grage atas kegiatan tersebut.

“Keanekaragaman terjadi di Cirebon tetapi semuanya saling menghormati. Dengan toleransi kita bisa kompak,” ungkapnya.

Kepala Kesbangpol Kota Cirebon, Buntoro Tirto mengatakan, merawat keberagaman memerlukan partisipasi dari berbagai pihak.

“Perlu partisipasi dari pengusaha, pemerintah, komunitas, juga media. Kita harus punya kebangsaan yang kuat dan harus saling menghargai agar perdamaian terus tercipta,” katanya.(JS).

Komentar