Keraton Kasepuhan Cirebon Gelar Open House Pada Lebaran Ke-2

Kota Cirebon – Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar tradisi halal bihalal atau open house pada lebaran hari ke-2.

Silaturahmi yang diadakan setiap tahun dan dihadiri oleh keluarga Keraton serta masyarakat, merupakan tradisi yang hingga kini masih lestari. Dalam open house tersebut, masyarakat yang datang ke Bangsal Pringgandani terlebih dahulu bersalaman dengan keluarga keraton Kasepuhan lalu dilanjutkan dengan ramah tamah sambil menikmati hidangan yang disediakan termasuk kuliner khas Cirebon yakni empal gentong.

Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Pangeran Raja (PR) Goemelar Soeryadiningrat mengatakan, halal bihalal merupakan tradisi keraton bersama masyarakat di bulan Syawal atau Idul Fitri.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa mengadakan halal bihalal bersama masyarakat setelah kemarin terdampak Pandemi Covid-19,” katanya, Minggu (23/05/23).

Patih menjelaskan, di hari pertama Idul Fitri ia bersama keluarga keraton lainnya terlebih dahulu melaksanakan sholat ied sebanyak dua kali yakni di Langgar Agung Keraton Kasepuhan lalu di Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

“Tradisi di hari pertama lebaran kami melaksanakan sholat ied di Langgar Agung dan di Masjid Agung Sang Cipta Rasa lalu mendengarkan gamelan di Siti Inggil,”ungkapnya.

Patih berharap, silaturahmi dapat mempererat tali persaudaraan karena masyarakat Cirebon dibangun diatas keberagaman.

“Kami berharap tali persaudaraan dan persatuan masyarakat semakin kuat,” pungkasnya.(JS).

Komentar