Menyimak Pidato Kenegaraan Presiden RI, DPRD Ajak Semua Elemen Bersatu Isi Kemerdekaan

Kilas Cirebon51 Dilihat

Kota Cirebon – Rapat paripurna DPRD Kota Cirebon mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI di Griya Sawala gedung DPRD berlangsung khidmat, Rabu (16/8/2023).

Sidang tahunan MPR RI peringatan HUT ke-78 RI tersebut, DPRD mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Cirebon untuk bersatu padu mengisi kemerdedakaan dengan kontribusi positif demi memajukan daerah.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana menyampaikan, setiap elemen bangsa tidak boleh berhenti bergerak melangkah. Oleh karena itu, DPRD mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Cirebon untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengisi kemerdekaan.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan tema peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu ‘Terus Melaju untuk Indonesia Maju.’

“Sudah saatnya kita semua memberikan sumbangsih nyata, menelurkan karya-karya terbaik bagi masyarakat Kota Cirebon dan negara tercinta ini,” kata Ruri saat memimpin jalannya rapat paripurna peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Ruri juga menyampaikan, peringatan HUT Kemerdakaan ke-78 RI adalah momentum penghormatan kepada negeri ini. Semangat pantang menyerah dari jasa para pahlawan sudah mampu membawa Indonesia menjadi negara merdeka dari penjajahan.

“Nilai-nilai semangat patriotisme, kerelaan berkorban, dan nilai-nilai persatuan dan kesatuan ini, kami semua mampu mengisi kemerdekaan maka akan menjadi bangsa yang lebih maju dan lebih unggul lagi,” katanya.

Merespons pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo, Ruri memandang, arahan presiden sangat penting dipahami bahawa kepemimpinan ke depan sangat menentukan masa depan Indonesia. Menurutnya, tantangan ke depan tidak mudah dan pilihan kebijakan di berbagai level pemerintahan semakin sulit.

“Seperti arahan Presiden Jokowi, pemimpin itu harus memilik public trust sebagai modal politik memimpin sebuah bangsa besar seperti Indonesia. Pemimpin juga membutuhkan dukungan dan kerja sama dengan berbagai pihak,” tegas Ruri.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati MAP menyampaikan, sesuai amanat dari pidato Presiden RI bahwa pemerintah daerah harus menjamin jalannya tahapan pemilu berjalan baik sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Di samping itu, pemerintah daerah juga wajib menjamin agar jalannya tahapan pemilu berjalan tertib, aman, damai, dan adil. Kerena itu, Eti meminta kepada seluruh pihak menjaga kondusivitas, tidak mudah terprovokasi dan termakan isu-isu yang tidak benar.

“Amanat pidato presiden tadi kami menyimak, memasuki tahun politik ini sudah hangat-hangat kuku. Maka tugas pemerintah daerah ini yaitu menjamin terselenggaranya pemilu berjalan tertib, aman damai,” katanya. (DPRD Kota Cirebon /JS )

Komentar