Bukber dan Santunan Anak Yatim di Keraton Kasepuhan Cirebon: Tradisi Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan

Ragam40 Dilihat

Kota Cirebon – Hari ini, di hari ke-18 Ramadan, Keraton Kasepuhan Cirebon kembali menggelar acara buka bersama (bukber) sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim. Acara yang telah menjadi bagian dari tradisi sejak tahun 2008 ini merupakan wujud nyata dari semangat berbagi dan kepedulian terhadap sesama.

Dalam acara yang dihadiri oleh lebih dari 100 orang perwakilan dari RW 1 sampai RW 6, Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon, PR. Goemelar Soeriadiningrat, menyampaikan pentingnya menjaga tradisi dan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para leluhur, termasuk pesan dari Gusti Sinuhun Sunan Gunung Jati tentang pentingnya menolong fakir miskin.

Selain bukber, Keraton Kasepuhan juga menggelar berbagai kegiatan spiritual lainnya selama bulan Ramadan, seperti tadarusan, malam ganjil, dan malam Nuzulul Quran. Tak lupa, khataman Al-Quran juga dilakukan untuk memperkuat spiritualitas umat.

Menjelang Lebaran dan pasca Pemilu, Patih Sepuh juga menyampaikan pesan perdamaian dan persatuan kepada masyarakat Kota Cirebon. Dia menekankan pentingnya menjaga silaturahmi dan meredakan ketegangan pasca-Pemilu demi keutuhan bangsa. Patih Sepuh berharap hasil Pemilu akan membawa keputusan terbaik bagi Indonesia.

Dengan semangat berbagi dan kebersamaan, Keraton Kasepuhan Cirebon terus menjaga tradisi mulia ini sebagai bagian dari kontribusi mereka dalam memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan keharmonisan sosial.(JS,)

Komentar