KAI Daop 3 Cirebon Tes Urine Awak Kereta Api untuk Jamin Keamanan Selama Angkutan Lebaran 2024

Ragam64 Dilihat

Kota Cirebon,- PT KAI Daop 3 Cirebon berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota Cirebon melakukan sidak tes kesehatan dan narkoba untuk jajaran pekerja Daop 3 Cirebon, Rabu 3 April 2024. Tes ini diikuti oleh 50 pekerja Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) yang akan melaksanakan dinasan perjalanan kereta api selama Masa Angkutan lebaran Tahun 2024.

Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad makin Zainul mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilaksanakan di Ruang Cakrabuana Kantor Daop 3 Cirebon diikuti oleh para ASP yang terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Teknisi Kereta Api, Polsuska dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba dilakukan di luar pemeriksaan rutin yang dilakukan kepada ASP saat akan melaksanakan dinas. Hal itu dilakukan guna memberikan jaminan keamanan dan keselamatan Perjalanan Kereta Api kepada para pelanggan KA, utamanya dalam masa Angkutan Lebaran Tahun 2024.

“Pemeriksaan tes narkoba ini dilaksanakan untuk meyakinkan bahwa Crew KA yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung. Selain itu juga dalam rangka penanggulangan penyalahgunaan penggunaan narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (NAPZA) di lingkungan PT KAI Daop 3 Cirebon,” ujar Rokhmad.

Pada Kamis (4/4), jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 3.059 orang dengan kota tujuan Jakarta, Semarang, Bandung, Yogjakarta, Purwokerto dan Jember. Sedangkan jumlah penumpang yang datang hingga siang ini terpantau sebanyak 7.777 orang. Kepadatan kedatangan penumpang mulai terlihat di Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan.

Total jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun wilayah Daop 3 Cirebon selama masa Angkutan Lebaran 2024 dari tanggal 31 Maret – 4 April siang ini telah mencapai 19.338. Sementara itu, jumlah total penumpang yang turun di stasiun wilayah Daop 3 Cirebon pada masa angkutan Lebaran dari tanggal 31 Maret – 4 April siang ini, mencapai sebanyak 30.327 orang. Jumlah ini akan terus bertambah hingga prediksi puncak kedatangan penumpang mulai 5 April nanti.

Selama masa angkutan Lebaran 2024, KAI Daop 3 Cirebon menyediakan 91.520 tiket dan telah terjual 24.390 tiket atau sekitar 26,6%. Selama 22 hari masa angkutan Lebaran, Daop 3 Cirebon mengoperasikan 3 perjalanan KA Argo Cheribon, 3 perjalanan KA Kaligung dan 1 perjalanan KA Ranggajati.

KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket KA dengan memperkirakan waktu liburannya dengan lebih terencana. Saat ini tiket KA masa Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 3 masih cukup banyak tersedia. Sebagai informasi, pelayanan pembelian tiket kereta api sudah bisa dibuka sejak 45 hari sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api. “Kami himbau kepada masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik karena Tiket KA masa angkutan lebaran masih cukup tersedia,” tambah Rokhmad .

Untuk Imformasi lebih lanjut terkait KA tambahan dan penjualan tiket pada masa angkutan lebaran Tahun 2023, Masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telpon 121, WhatsApp 08111-2111-121, Email [email protected], atau Media Sosial KA12.(JS)

Komentar