Jumpa Pers Bersama Media, Pj Wali Kota Umumkan Rangkaian Peringatan Hari Jadi Cirebon ke-597

Kilas Cirebon25 Dilihat

CIREBON- Pemerintah Daerah Kota Cirebon menggelar konferensi pers dalam rangka peringatan Hari Jadi Cirebon ke-597 tahun dan film “Senyum Merah Putih” di Ruang Prabayaksa Gedung Setda Balai Kota Cirebon, Senin (1/7/2024).

Hadir dalam konferensi pers Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi, Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Agus Sukmanjaya, Sutradara Film Senyum Merah Putih, Tarmizi Abka beserta perwakilan aktor, dan sejumlah jurnalis cetak, online dan elektronik.

Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST yang juga selaku Ketua Pelaksana Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun menyampaikan, Hari Jadi Cirebon diperingati setiap tanggal 1 Muharam. Semula, kata Pj Sekda, Hari Jadi Cirebon ditetapkan pada 1 Muharam 791 Hijriah berdasarkan Perda Nomor 24 Tahun 1996.

Namun, berdasarkan kajian ulang dan penelusuran sejarah, Hari Jadi Cirebon mengalami perubahan menjadi 1 Muharam 849 Hijriah yang ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2024 tentang Hari Jadi Cirebon.

“Tahun ini, 1 Muharram 1446 H jatuh pada tanggal 7 Juli 2024,” ujarnya.

Untuk diketahui, tema Hari Jadi Cirebon Ke-597 adalah “Kota Cirebon Mukti Lan Mulya Selawase”. Tema ini menunjukkan kekayaan kisah dan pengalaman Kota Cirebon dalam lini masa sejarah.
Setiap cerita yang telah dilalui oleh segenap elemen masyarakat yang hidup di Kota Cirebon tentu saja menjadi pengalaman batin yang kuat dan menjadikan kecintaan kepada kota ini menjadi sangat lekat.

Sementara untuk tagline Hari Jadi Cirebon Ke-597 yaitu “Cirebon Guyub” yang merupakan representasi atas semangat dan karekteristik masyarakat dalam keterlibatan pembangunan.

“Setiap pencapaian yang diraih sampai di titik ini diikat oleh satu komitmen bersama. Proses panjang ini tidak mungkin dapat berjalan sebagaimana mestinya apabila tidak dibarengi dengan komitmen dari masing-masing pihak untuk melaksanakan perannya dengan maksimal,” lanjut Pj Sekda.

Pj Sekda menjelaskan, rangkaian Hari Jadi Cirebon ke-597 tahun sudah dilakukan sejak bulan Mei 2024 dengan adanya Cirebon Festival dan berbagai kegiatan lainnya sebagai pre event. Kemudian di bulan Juli, ada banyak rangkaian kegiatan lainnya seperti Cirebon Great Sale, Gelar Trisula Budaya Sarumban, Bancakan Cirebon, hingga Festival Anak Muda. Di tanggal 7 Juli mendatang, perayaan dimulai dengan upacara Hari Jadi Cirebon, prosesi agung, rapat paripurna, peresmian Museum Topeng Cirebon, dan malam puncak Hari Jadi Cirebon.

“Semoga semangat toleransi dan gotong royong melalui pelaksanaan tradisi budaya peringatan Hari Jadi Cirebon ini mengisi ruang-ruang perayaan yang bernuansa produktif, kreatif, serta berkebudayaan,” harapnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Cirebon Ke-597 diharapkan dapat membangkitkan semangat dalam mewujudkan visi pembangunan Kota Cirebon yang menyeluruh.

Pj Wali Kota menilai, terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan dan tercapainya tujuan kegiatan hanya dapat terwujud melalui kerja sama dan partisipasi dari seluruh komponen dan lapisan masyarakat Kota Cirebon.

“Mohon dukungan dari teman-teman media, baik secara informasi dan publikasi. Semoga, apa yang menjadi harapan bersama ini dapat diwujudkan secara maksimal,” harapnya.

Rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon akan berlangsung hingga 27 Juli mendatang. Selain itu, ada juga post event diantaranya Upacara HUT RI Tingkat Kota Cirebon Tahun 2024, Pemutaran Film Senyum Merah Putih, Cirebon Kustomleng, dan Konser Musik Persembahan Cinta yang akan digelar Agustus mendatang.

Film Senyum Merah Putih yang rencananya akan tayang pada 17 Agustus bercerita tentang perjuangan, mimpi, dan harapan seorang anak bernama Arya, yang merupakan seorang anak difabel yang berjuang untuk masa depannya. Di sekolah, Arya berhasil meraih prestasi. Produksi film ini bertujuan untuk mempromosikan Cirebon ke tingkat nasional dan meningkatkan citra budaya Cirebon. (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Cirebon). (jums)

Komentar