KILASCIREBON I KOTA CIREBON – Kebahagiaan sulit dibendung , pasutri Ratimah (74) dan Kurnia (65) Kampung Sirandu, RW 12 RT 04 Kelurahan Pegambiran Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon.

Rumahnya yang hancur termakan usia kini telah dibangun oleh Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) dengan membangun rumah yang layak huni.

Yayasan Amal Nusatan Utama (YANU) Jakarta akhirnya telah selesai merenovasi rumah milik pasutri Ratimah (74) dan Kurnia (65), Selesainya renovasi rumah tersebut diresmikan secara langsung oleh Ketua YANU Jakarta, Ibu Immylia Limardo Effendy, dengan dihadiri oleh Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati, Lurah Pegambiran, Ketua RT 04, ketua RW 05, dan awak media.Jumat (12/6/2020).

Menurut Ketua Panitia sekaligus Ketua YANU cabang Cirebon, Puguh Purwandono, pihaknya mendengar ada rumah milik pasutri yang ambruk pada 26 Mei 2020 lalu. Dengan gerak cepat, pihaknya pun langsung datang ke lokasi untuk memberikan bantuan berupa renovasi rumah.

“Tanggal 27 kita langsung melakukan renovasi, dimulai dari pembongkaran. Karena kita merenovasi semua, dengan menghabiskan waktu selama 15 hari,” ungkapnya.

Menurut Immylia, dia dan tim YANU yang ada di Cirebon, berkoordinasi untuk memberikan bantuan kepada pasutri Ratimah dan Kurnia, agar rumahnya yang ambruk tersebut direnovasi. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa sembako tiap bulannya.

“Karena mereka untuk makan saja kadang dibantu oleh tetangga. Jadi kita juga membantu dengan memberikan smebko tiap bulannya,” tuturnya.

Immylia menjelaskan hingga saat ini YANU sudah membantu merenovasi sekitar 19 rumah, yang terdiri dari 15 rumah di Kota Cirebon dan 4 rumah di Kabupaten Cirebon. Selain itu, YANU juga memberikan bantuan berupa APD dan vitamin untuk membantu tim medis dalam menangani pasien Covid-19.

Immylia menambahkan pihaknya juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Sebelumnya, pihaknya juga memberikan bantuan berupa peralatan sekolah berupa tas dan lainnya. Namun karena seolah sedang diliburkan, akhirnya bantuan dialihkan ke sembako.

“Kita akan bantu apabila ada rumah yang tidak layak dan urgent,” tuturnya.

Sementara itu Wakil Walikota Cirebon Hj. Eti Herawati, dirinya mengucapkan terima kasih kepada YANU Jakarta karena sudah membantu warganya dalam merenovasi rumahnya hingga layak huni. Di Kota Cirebon sendiri masih banyak rumah yang tidak layak huni tapi masih terganjal dengan sertifikat, sehingga tidak bisa mendapatkan bantuan.

“Untuk di wilayah Pegambiran ini Alhamdulillah sudah mempunyai sertifikat sendiri dan bisa mendapatkan bantuan renovasi,” ungkapnya.(JS).

Loading...