Kota Cirebon – Lakukan patroli berskala besar, Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon tunjukkan tidak akan pernah mengendurkan upaya pengendalian penyebaran covid-19. Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terus dilakukan.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., saat apel Patroli Berskala Besar Dalam Rangka Pendisiplinan Protokol Kesehatan untuk Mendukung PPKM Jawa Barat di Kota Cirebon Rabu, 20 Januari 2021 di halaman Balaikota, mengaku bersyukur karena tingkat warga yang tertular covid-19 di Kota Cirebon masuk kategori rendah.

Sehingga Kota Cirebon tidak termasuk daerah yang melakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) , 11 hingga 25 Januari 2021. “Tapi kita tidak boleh mengendurkan kesiagaan,” tegas Azis.

Untuk itu upaya-upaya preventif dan edukasi ke masyarakat bahwa pandemi covid-19 masih ada, justru akan semakin ditingkatkan.

Salah satunya melalui kegiatan yang dilakukan malam ini. “Kegiatan malam ini juga sebagai bentuk dukungan pada pelaksanaan PPKM Jawa Barat di Kota Cirebon,” ungkap Azis.

Sejumlah pusat keramaian akan didatangi untuk memastikan bahwa di tempat tersebut menyediakan tempat cuci tangan, alat cek suhu dan kesiapan fasilitas petunjuk atau himbauan tertulis terhadap protokol kesehatan (prokes).

Tim yang terdiri Satpol PP, Polres Cirebon Kota (Ciko), Kodim 0614, Denpom Cirebon, Lanal Cirebon, Dinas Perhubungan (Dishub), DKIS, KPBD, dan Damkar, PMI, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan instansi terkait lainnya di lingkungan Pemda Kota Cirebon, malam ini berkeliling kota untuk melakukan pengawasan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pengendalian situasi yang dianggap perlu serta memberikan pembinaan dan membagikan masker bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Pada kesempatan itu Azis juga mengucapkan terima kasih kepada pelaku usaha serta masyarakat Kota Cirebon yang terus berupaya untuk menerapkan dan mengampanyekan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Juga kepada jajaran TNI dan Polri yang konsisten terus menerus menjaga agar tingkat penyebaran covid-19 di Kota Cirebon melandai,” ungkap Azis.

Dengan kesadaran bersama untuk patuh terhadap protokol kesehatan, Azis yakin penyebaran covid-19 di Kota Cirebon bisa dikendalikan.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota (CIko) AKBP Imron Ermawan menjelaskan bahwa patroli skala besar malam ini dilakukan untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi covid-19 masih terjadi.

“Ini merupakan upaya preventif, kami berupaya mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Imron.

Patroli skala besar yang digelar malam ini dimulai dari Balai Kota Cirebon menyusuri ruas Jalan Siliwangi, Jalan Slamet Riyadi, Jalan Wahidin, Jalan Kartini, Jalan Siliwangi, Jalan Karanggetas, Jalan Bahagia, Jalan Pasar Talang, Alun-alun Kasepuhan, Jalan Pulasaren, Jalan Lawanggada, Parujakan, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Sutomo, Jalan Kesambi.

Kemudian Jalan Drajat, Jalan Dukuh Semar, Jalan Elang Raya, Jalan Ciremai Raya, Citra Land, Lapangan Kebon Pelok, Jalan Angkasa, Pasar Harjamukti, Jalan Kanggraksan, Jalan Kalitanjung, Majasem, Jalan Perjuangan, Jalan Binawan, Stadion Bima, Gedung Kesenian Rara Santang, Kantor Dishub, Jalan Terusan Pemuda, Jalan Pemuda, Jalan Ciptomangunkusumo dan kembali ke Balai Kota Cirebon.

Di sepanjang jalan yang dilewati, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dilakukan. Termasuk dengan membagi-bagikan masker kepada masyarakat yang belum menggunakan masker.(Adv).

Loading...