Kota Cirebon -Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Cirebon berjalan dengan khidmat. Protokol pencegahan Covid-19 tetap dilaksanakan dengan ketat. Upacara peringatan HUT ke 75 tahun 2020 tingkat Kota Cirebon digelar di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon, Senin, 17 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB.

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., memimpin langsung upacara peringatan HUT ke 75 RI tersebut. “Peringatan tahun ini memang sederhana, namun khidmat,” ungkap Azis. Ini dikarenakan peringatan HUT ke 75 RI yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 sehingga protokol pencegahan penyebaran Covid-19 tetap harus dipatuhi.

Sekalipun sederhana dan khidmat, Azis yakin semangat untuk memperingati HUT ke 75 RI justru lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Karena kita masih harus berjuang untuk bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Cirebon,” tegas Azis.

Untuk itu, Azis mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk meneladani semangat pejuang-pejuang yang telah memerdekakan negeri ini. Yaitu bersama-sama berjuang melaksanakan protokol kesehatan dengan konsisten dan tanpa kenal lelah. “Sehingga kita memerdekakan anak-anak kita untuk bisa sekolah dengan tatap muka kembali, berjuang untuk ibu-ibu kita agar bisa nyaman kembali ke pasar,” ungkap Azis.

Pada kesempatan itu atas nama Pemda Kota Cirebon, Azis juga mengucapkan rasa duka dan keprihatinan yang mendalam kepada keluarga korban Covid-19 . “Ingatan pahit ini kita hadapi bersama dengan meningkatkan dan mengutamakan upaya preventif untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkap Azis. Selain itu Azis juga menghaturkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada insan kesehatan yang telah bersungguh-sungguh menjadi garda terdepan memerangi Covid-19.

Sebelum upacara peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI pada Senin dini pukul 00.00 WIB dilakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Kesenden, Kota Cirebon. AKRS dipimpin oleh Kasrem 063 Sunan Gunung Jati, dan dihadiri oleh Wali Kota, Sekda serta unsur Forkopimda Kota Cirebon.

Kedua rangkaian HUT ke 75 Kemerdekaan RI tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Pada AKRS misalnya, jumlah peserta hanya 30 orang serta pada upacara HUT ke 75 RI jumlah peserta upacara hanya 20 orang dengan saling memberi jarak yang sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19.

Usai upacara HUT ke 75 Kemerdekaan RI dilanjutkan dengan menyaksikan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual yang dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon. Selanjutnya pada pukul 16.00 WIB akan dilaksanakan upacara penurunan bendera pusaka di halaman kantor Setda Kota Cirebon.(Adv).

Loading...