Kemenkeu Beri Dua Penghargaan Bagi Kemenag

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan dua penghargaan bagi Kementerian Agama (Kemenag). Pertama, Peringkat Kedua Kategori Sertipikasi Barang Milik Negara untuk Kelompok K/L dengan jumlah Satker lebih dari 100 satker. Penghargaan ini diberikan Kemenkeu atas Kinerja yang baik Kemenag di bidang pengelolaan BMN tahun 2018.

Kedua, penghargaan atas Keberhasilan Kemenag Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2018 dengan Opini WTP. Penghargaan diserahkan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan diterima oleh Kepala Biro Keuangan dan BMN Kemenag Ali Irfan saat Rakernas Laporan Keuangan Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (12/09).

“Kita bersyukur atas penghargaan ini, khususnya opini WTP yang kita raih tiga tahun berturut-turut juga penghargaan dalam pengelolaan BMN,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan hasil upaya sungguh-sungguh Kemenag dalam menyajikan laporan keuangan dengan prinsip pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta pengelolaan BMN yang tertib dan akuntabel sesuai ketentuan.

Nur Kholis berharap, prestasi ini tidak hanya harus dipertahankan, tapi juga terus ditingkatkan kualitasnya. “Ini tidak mudah, dengan jumlah satker yang mencapai 4.590 satker,” ujar Sekjen.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Biro Keuangan Kemenag Ali Irfan. Menurutnya, penghargaan yang diraih tak terlepas dari peran sungguh-sungguh pengelola keuangan dan BMN serta operator yang tersebar di ribuan satuan kerja yang dimiliki Kemenag.

“Kami melakukan strategi jemput bola untuk mengawal pelaporan keuangan maupun pengelolaan BMN agar sesuai dengan target yang ditetapkan,” jelas Ali Irfan.

Strategi jemput bola ini menurutnya dilakukan dengan menurunkan tim-tim ahli akuntansi ke seluruh satker guna melakukan klinik akuntansi (coaching clinic) . Strategi ini menurutnya cukup berdampak. “Hasilnya dua penghargaan tersebut berhasil di raih Kemenag,” tandas Irfan.

The post Kemenkeu Beri Dua Penghargaan Bagi Kemenag appeared first on LIPUTAN.CO.ID.