Kilas Cirebon.com – Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia ( DMI ) yang juga Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia ( Wakapolri ) Komisaris Jenderal Pol. Drs. H. Safrudin, M.Si mendapat Anugerah sebagai Khalifah Panata Tajug dari Gusti Sultan Sepuh XIV Cirebon PRA Arief Natadiningrat SE.

Penganugerahan yg diberikan oleh Sultan Kasepuhan Cirebon tersebut, saat Wakil Ketua Umum DMi Komjen Safrudin hadir dalam acara Simposium Wisata Religi Berbasis Masjid di gedung agung pagelaran Keraton Kasepuhan Cirebon, pekan kemarin.

Menurut Gusti Sultan Sepuh XIV Cirrbon, anugerah tersebut diberikan kepada orang yang dinilai sangat luar biasa dalam kegiatan sosial di masyarakat serta dinilai memiliki jejak rekam yang baik terutama dalam moralitas, agama, adat dan budaya keseharian di masyarakat.

” Wakapolri Komjen Safrudin itu Jan juga wakil ketua umum Dewan Masjid Indonesia, yang tugasnya mengurusi seluruh masjid di Indonesia. Maka sangatlah pantas jika kami memberikan anugerah tersebut, ujar Gusti Sultan Sepuh.

Sementara itu salah satu kerabat bangsawan Cirebon yang juga Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Kesultanan Cirebon, R.H. Prabu Diaz ketika dimintai komentarnya kepada kilascirebon.com mengatakan bahwa Wakapolri Komjen Safrudin yang juga Wakil Ketua Umum DMI sangat pantas mendapatkan anugerah terhormat itu dari Kesultanan Kasepuhan Cirebon sebagai Khalifah Panata Tajug.

” Beliau kan pengurus pusat DMI yg bertugas mengurus Masjid (Tajug – bhs Cirebon). Banyak jasa – jasanya dalam mengembangkan dan memakmurkan Masjid, selaras dengan wasiat Kanjeng Sinuhun Sunan Gunung Jati yaitu Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin,” ujar Prabu Diaz.

Ditambahkan oleh Prabu Diaz bahwa saat Komjen Safrudin yang pernah menjadi ADC Wakil Presiden Jusuf Kalla periode 2004-2009, adalah polisi yang santun dan agamis, ” saat sama&sama mengikuti kegiatan Wakil Presiden beliau seringkali mengingatkan kita untuk sholat di Masjid. Tahun 2006 juga mendampingi Wapres ke Cirebon saat Haul Sunan Gunung Jati,” ujar Prabu Diaz.

( Ucok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here