Kontes Batu Mulia Tropy Emas Murni Digelar di Cirebon Awal April 2019

Keterangan : Sultan Sepuh XIV Cirebon, PRA Arief Natadiningrat SE, bersama Ketua Umum Penyelenggara Kontes dan bursa Batu Mulia, Aris Krismawanto didampingi Prabu Diaz Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali di ruang Dalem Arum Keraton Kasepuhan Cirebon
Loading...

CIREBON – Kontes batu mulia bakal digelar di Keraton Kasepuhan Cirebon, 4 – 7 April 2019 dengan juara umum memperebutkan Tropy Bergilir Emas Murni 24 karat Sultan Sepuh XIV Cirebon, ditambah hadiah ratusan juta rupiah serta lukisan kaca antik Macan Ali.

Kontes dan bursa batu mulia ini, menurut ketua umum penyelenggara Aris Krismawanto, akan menggelar sekitar 650 kelas jenis batu baik nasional antara Alain bacan, Garut, pandan, klawing pancawarna, batu dari sumatera, Kalimantan, Sulawesi maupun internasional seperti Pirus termasuk batu lokal Cirebon, yaitu katilayu.

” Dalam kontes dan bursa batu mulia ini, Sultan Sepuh XIV Cirebon, PRA Arief Natadiningrat akan memberikan Tropy bergilir Emas Murni untuk juara umum. Serta Gusti Sultan akan melelang Cincin Kesayangannya yang hasilnya kelak untuk dihibahkan kepada Koperasi Gerage Sukses Mandiri yang akan disalurkan kepada yatim piatu, juga ditandatangani Prasasti dari batu hijau langka seberat 80 kg yg ditemukan di daerah pedalaman Garut ,” ujar Aris Krismawanto saat ditemui kilasCirebon.com di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Untuk kesuksesan acara tersebut, lanjut Aris Krismawanto pihaknya juga menggandeng EO Kembarpro dari Surabaya. Serta mengajak berbagai komunitas batu baik nasional maupun lokal wilayah Cirebon.
” Tujuan kami hanya ingin dunia batu di Indonesia kembali booming, disamping juga membantu pemerintah dalam mengejar target 2 juta wisatawan untuk berkunjung ke Cirebon,” ujarnya.

Sementara itu Penanggungjawab pelaksana Kontes dan bursa Batu Mulia, Prabu Diaz mengatakan bahwa ia beserta Laskar Agung Macan Ali bertanggungjawab mensukseskan nya, sebab kontes tersebut merupakan salah satu agenda tahunan Laskar Macan Ali yang sudah dirancang sejak tahun 2018.

” Kami melaksanakan dawuh Sultan Sepuh XIV untuk berupaya agar dunia perbatuan kembali booming dan Cirebon harus menjadi penggerak membantu para perajin dan pecinta batu. Terutama batu dari lokal Indonesia,” ujar Prabu Diaz.

Langkah lain yang dilakukan agar kontes ini lebih berbobot, Sultan Sepuh XIV Kasepuhan Cirebon juga akan mengundang Presiden RI Joko Widodo serta para kolektor batu nasional. Dimana pelaksanaannya di Keraton Kasepuhan Cirebon.

” Laskar agung Macan Ali akan menurunkan kekuatan penuh untuk mengamankan kontes batu yang berlangsung empat hari sejak tanggal 4 sampai 7 April 2019. Apalagi nanti akan dipamerkan Tropy Emas murni untuk juara utama serta dipamerkan nya batu cincin milik Sultan,” ujarnya.

Prabu Diaz yang juga panglima tinggi Laskar Agung Macan Ali menambahkan bahwa selain Presiden RI diundang oleh Gusti Sultan Sepuh XIV Cirebon, pihaknya juga akan mengundang para o jabat tinggi negara serta pecinta batu dari berbagai propinsi di Indonesia. Oleh sebab itu ia berharap semuanya sukses sesuai harapan.

Untuk kelancaran adminitrasi dalam kontes batu, telah dibuka sekretariat panitia di Markas Besar Laskar Agung Macan Ali jl. Alun-alun timur no. 37 Keraton Kasepuhan Cirebon.(jkr)