CIREBON –  Diawali sosialisasi kepada Tim Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan (PPNK) via daring pada tanggal 10 Juni 2020 dan ditindak-lanjuti dengan rangkaian kegiatan di PPNK pada tanggal 17-18 Juni 2002, terus bertekad untuk intensif melakukan pembenahan Sistem Manajemen Lingkungan sesuai kaidah-kaidaj ISO 14001:2015.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Tim Direktorat Pelabuhan Perikanan dan Tim Konsultan (PT. QAI) didampingi Tim ISO PPNK selama 2 hari di PPN Kejawanan, melakukan peninjauan ke lapangan di kawasan PPNK dalam rangka GAP Assesment.

Hasilnya dibahas kemudian disepakati bahwa area yang akan dijadikan fokus ruang lingkup pembangunan sistem manajemen lingkungan adalah perkantoran, Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), Tempat Pembuangan (Sampah) Sementara dan Dermaga.

” Juga dilakukan Sosialisasi kepada pelaku usaha di kawasan PPNK.
Penandatanganan Komitmen Bersama dalam Mewujudkan Perlindungan Lingkunan dan Mencegah Terjadinya Pencemaran di Kawasan PPN Kejawanan juga penanaman pohon sesuai ISO 14001:2015,” Ujar Kepala PPN Kejawanan, Bagus Oktori Sutrisno.

Lebih lanjut dikatan nya bahwa Penanaman pohon Kurma sebagai symbol untuk bersama-sama menerapkan kaidah-kaidah Sistem Manajemen Lingkungan berdasarkan ISO 14001:20015 yang dilakukan oleh beberapa pelaku usaha di PPNK serta aktifis maupun tokoh masyarakat dari luar lingkup PPNK.

“Komitmen untuk menjadikan PPN Kejawanan sebagai kawasan pelabuhan perikanan yang peduli lingkungan dan menerapkan ISO 14001:2015 didukung oleh banyak pihak terkait ini merupakan modal awal yang sangat diperlukan dan memberi semangat untuk bersama-sama mewujudkannya “ ucap Kepala PPN Kejawanan, Bagus Oktori Sutrisno.

Sementara itu Ketua Umum Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nswantara, Dany Jawlani S.Sos didampingi Sekretaris Jenderal FLHBN, Prabu Diaz yang juga ikut dalam penanaman pohon di PPNK mengatakan sangat meng-apresiasi atas kegiatan tersebut dan berharap menjadi contoh bagi instansi lainnya sebagai kepedulian dalam pelestarian dan perawatan Lingkungan.
(Yad)

Loading...